Follow Us

Waspada! Cegah Wabah Nyamuk Sekarang

Devi F. Yuliwardhani - Sabtu, 19 Januari 2013 | 09:56
Waspada! Cegah Wabah Nyamuk Sekarang
Devi F. Yuliwardhani

Waspada! Cegah Wabah Nyamuk Sekarang

Hal yang paling tidak Anda inginkan saat menghadapi banjir adalah anggota keluarga yang terjangkit penyakit demam berdarah, malaria, dsb. Penyakit yang sebagian besar ditularkan oleh nyamuk. Karenanya Anda harus sigap dalam penanganannya agar kekhawatiran ini tidak terjadi. Berikut 5 tips penting yang harus Anda lakukan untuk menciptakan rumah sehat tanpa nyamuk di musim hujan.

Beri pencahayaan yang baik pada hunian Anda. Dengan kondisi langit yang mendung, kelembapan udara meningkat. Kondisi udara lembap seperti inilah yang disukai nyamuk. Yang jadi permasalahan sekarang adalah cahaya matahari yang kurang, solusinya adalah Anda harus memastikan pencahayaan di dalam ruangan sudah optimal. Jika tidak sedang hujan, optimalkan sirkulasi udara ke dalam ruang dengan memberikan akses sirkulasi via bukaan.

Genangan air setelah banjir biasanya jadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Pastikan tidak ada sampah kaleng atau berbentuk wadah di sekitar lingkungan tempat Anda tinggal. Jika ada, segera kuras air dan buang wadah. Kuras secara rutin bak mandi dan wadah penyimpanan air bersih di rumah. Hal ini penting untuk mencegah telur nyamuk menetas menjadi larva. Perlu Anda ketahui bahwa dari larva, nyamuk akan menjadi dewasa hanya dalam waktu 10 hari. Pelihara ikan di kolam Anda. Memelihara ikan di kolam sebagai predator jentik nyamuk bisa jadi solusi jitu bebas nyamuk.

Pasang tirai atau kasa nyamuk. Untuk solusi cepat mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah adalah dengan memasang tirai atau kasa nyamuk. Pasanglah di titik-titik rumah yang memiliki bukaan langsung dengan area luar. Anda juga dapat menambahkan kelambu pada kamar untuk mencegah nyamuk mengganggu saat tidur bersama keluarga.

Rawat taman Anda. Potong tanaman yang terlalu rimbun. Tanaman yang rimbun kala musim panas pastinya memberikan keteduhan dan kesejukan, namun beda cerita saat musim hujan. Tanaman yang terlalu rimbun menjadi hunian favorit nyamuk. Jadi, pastikan untuk selalu memangkas tanaman Anda secara rutin. Solusi kedua untuk taman Anda adalah dengan menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk, seperti Lavender, Geranium, Zodia, dan sebagainya. Anda bisa meletakkannya juga di dalam rumah dengan menggunakan pot.

Gunakan obat anti nyamuk yang aman. Sekarang ini sudah banyak dijual obat anti nyamuk yang aman untuk keluarga Anda. Mulai dari jenis yang semprot hingga yang berbentuk lotion bahkan elektrik. Sementara untuk penyimpanan air Anda dapat menggunakan bubuk abate yang dapat diperoleh di apotik terdekat untuk mencegah perkembangan larva nyamuk. Pastikan untuk membaca petunjuk pemakaiannya.

Foto : Dok.iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest