Follow Us

Selalu Ada Anggrek di Rumah Mufidah Jusuf Kalla

G. Sujayanto/Titik Kartitiani - Rabu, 17 September 2014 | 04:05
Selalu Ada Anggrek di Rumah Mufidah Jusuf Kalla
G. Sujayanto/Titik Kartitiani

Selalu Ada Anggrek di Rumah Mufidah Jusuf Kalla

iDEAonline.co.id - Di rumah pribadinya, Jl. Brawijaya Raya, Jakarta, Mufidah Jusuf Kalla, istri Jusuf Kalla, wakil presiden RI terpilih periode 2014-2019, selalu ada bunga anggrek di dalam ruangannya. Saat iDEAonline berkunjung, di ruang tamu ada dua pot anggrek dendrobium yang sedang berbunga. Tingginya sampai 1,5m. Juga di ruang keluarga, hingga di pegangan tangga pun, selalu diberi tempat untuk anggrek. Baginya, ruangan yang ada anggrek selalu akan lebih hidup.

"Pernah suatu kali saya kunjungan ke Sulawesi. Panitia sibuk bukan untuk menyambut, tapi menyingkirkan bunga plastik," katanya mengenang saat Jusuf Kalla menjadi wakil presiden Susilo Bambang Yudhoyono periode 2004-2009.

Pada saat itu, di rumah dinas wapres, penuh dengan anggrek dan bunga segar lainnya. Mufidah tidak ingin ada bunga plastik. Karena bunga plastik hanya bagus dilihat, tapi tidak memberikan kesegaran di ruangan. Tanaman hidup bisa menyumbang oksigen dan menyerap karbon dioksida dan senyawa racun lainnya.

Karenanya, di rumahnya selalu ada anggrek segar yang diambil dari kebunnya sendiri. Awalnya, karena setiap kali membutuhkan anggrek, tidak selalu tersedia. Saat menjadi Ketua PAI (Perhimpunan Anggrek Indonesia) periode 2010-2015, ia mengetahui permasalahannya. Salah satunya kendala bibit unggul anggrek yang harus impor. Karenanya, Mufidah merintis kebun anggrek yang menyediakan bibit dan juga pot plant untuk dendrobium di Citeko, Sukabumi. Kebun yang juga menyediakan pot plant anggrek untuk hiasan rumahnya.

Ruang mungil dan anggrek

Ruangan, tak harus luas, untuk bisa meletakkan tanaman dan bunga segar di dalamnya. Banyak jenis tanaman yang tak membutuhkan ruang luas, tapi bisa mengubah ruangan menjadi lebih menyegarkan. Anggrek salah satu bunga yang bisa diletakkan di dalam ruangan. Selain indah, bentuk pohonnya tidak memerlukan ruang yang luas.

Anggrek berdaun tebal dan bunganya awet. Itulah mengapa anggrek menjadi populer sebagai bunga potong. Menurut Mufidah, memasukkan anggrek ke dalam ruangan sebaiknya saat bunga baru mekar sedikit. Masih banyak knop (kuncup). Kuncup akan mekar satu per satu sehingga awet.

Peletakannya bisa di sudut ruangan, di atas meja kecil. Ini untuk jenis anggrek yang tinggi. Bisa juga di atas meja tamu atau meja makan, untuk anggrek yang rendah. Di kanan kiri meja rias, untuk anggrek bulan cocok diletakkan di sini.

Teks: Titik Kartitiani Foto: Titik Kartitiani

Editor : G. Sujayanto/Titik Kartitiani

Latest