Follow Us

Erasmus Huis & IAI : Seminar dan Pameran "Building on Water"

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Selasa, 09 April 2013 | 09:13
Erasmus Huis IAI Seminar dan Pameran Building on Water
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Erasmus Huis IAI Seminar dan Pameran Building on Water

Selama beberapa bulan terakhir, Indonesia dan terutama Jakarta tengah mengalami bencana banjir. Belanda pun mengalami permasalahan yang serupa. Arsitek Belanda kini telah berhasil mengembangkan solusi yang revolusioner dengan menciptakan struktur bangunan mengapung untuk hunian, perkantoran, restoran, dan sebagainya.

Seminar dan pameran "Building on Water" ini bertujuan sebagai wadah bagi para arsitek Belanda dan Indonesia, pengembang, dan kontraktor untuk bertukar ide terkait dengan bangunan di atas air, hunian, dan reklamasi tanah.

Turut hadir pada seminar ini, Budi Prayitno dari Pusperkim Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Ahmad Dinawan dari IAI Kalimantan, dan Budi Pradono pendiri sekaligus pemilik dari Budi Pradono Studio di Jakarta yang akan memberikan presentasi tentang regenerasi rumah kampung dalam aplikasinya di ranah metropolis, infrastruktur "Gertak" dari pontianak, dan Penjelasan tentang Fluidscapecity.

Pihak penyelenggara juga mengundang tiga arsitek Belanda untuk memberikan presentasi. Remko van Buren dari Waterstudio yang telah mengembangkan solusi yang fleksibel dan sustainable terhadap permasalahan yang muncul dari urbanisasi dan perubahan iklim. Hal ini dirasa penting karena dapat membantu Jakarta untuk menyelesaikan permasalahan banjir yang baru-baru ini dialami.

Sebuah konsep dasar untuk membangun fondasi struktur mengapung secara langsung di air dengan menggunakan sterofoam dan materiak konkrit, telah dikembangkan oleh Flexbase, diwakili oleh Jan Willem Roel. Terdapat sebuah sistem yang berbeda, tergantung pada fungsinya, apakah digunakan sebagai arena olahraga, gedung komerrsial atau gedung pencakar langit.

Bart van Bueren dari Waterarchitect yang telah memperkenalkan sebuah pandangan tentang adaptasi iklim untuk pengembangan kembali pelabuhan di kota Rotterdam. Desain "Gelembung Sabun" ini menjadi sorotan presiden Amerika terdahul, Al Gore sebagai sebuah ikon dari adaptasi iklim. Anda Tertarik untuk melihat langsung hasil karya para arsitek ini? Hadirilah pameran "Building on Water" di Erasmus Huis, Jakarta.

Acara yang diselenggarakan ini tampak menarik perhatian publik, terlihat dari penuhnya para peserta yang hadir dalam seminar. Tidak hanya itu, seminar ini merupakan wadah penting bagi para arsitek kedua negara untuk bersama-sama bertukar pikiran dan ide dalam membangun Jakarta yang lebih baik.

Foto : iDEA/Febrina Syaifullana

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest