Follow Us

4 Langkah Sebelum Membeli Rumah (2)

Richardus Setia Gunawan - Jumat, 01 November 2013 | 02:00
4 Langkah Sebelum Membeli Rumah 2
Richardus Setia Gunawan

4 Langkah Sebelum Membeli Rumah 2

Setelah melakukan langkah pertama, yaitu menghitung kemampuan finansial, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah:

Cari Tahu dengan Riset

Kebanyakan orang sebelum membeli laptop akan mencari tahu dulu kelebihan dan kekurangan laptop yang diincar. Jika untuk laptop saja riset diperlukan, apalagi untuk sebuah rumah.

Riset akan meminimalisir kerugian yang mungkin muncul karena kekurangtahuan calon pembeli. Riset bisa Anda gali dari internet atau pameran-pameran perumahan. Bisa juga dari teman atau kerabat yang kebetulan memiliki informasi yang cukup valid.

Titik beratkan pencarian pada hal-hal yang menjadi concerned Anda dan keluarga. Misalnya akses menuju kantor, sekolah anak, pasar. Lokasi bebas banjir, jauh dari pabrik, tidak berada di jalur SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi). Tentu harga rumah pun harus sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Cari tahu pula tentang peta rencana perkembangan dan pembangunan kawasan untuk 5-10 tahun ke depan. Misalnya, apakah lokasi akan aman dari rencana pelebaran jalan, mungkin akan ada pembangunan jalan tol atau kampus tak jauh dari sana, dsb. Informasi ini sangat berguna terutama bagi Anda yang berencana membeli rumah untuk tujuan investasi.

Selanjutnya cari tahu track record pengembang-pengembangnya. Dari hasil pencarian ini Anda akan mendapatkan sejumlah perumahan yang masuk kriteria awal. Simpan alamat lokasi-lokasi tersebut.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

sebelumnya selanjutnya

Editor : Richardus Setia Gunawan

Latest