Follow Us

Berhemat dengan Lampu Tenaga Surya

Devi F. Yuliwardhani - Minggu, 09 Maret 2014 | 04:30
Berhemat dengan Lampu Tenaga Surya
Devi F. Yuliwardhani

Berhemat dengan Lampu Tenaga Surya

Pengusaha sekaligus desainer asal Afrika Selatan, Michael Suttner mencoba mengembangkan lampu tenaga surya yang hemat, yang dapat digunakan untuk menghemat energi. Lampu ditempatkan pada sebuah tube kemudian dimasukkan ke dalam botol minuman bersoda. Pengencangan dilakukan pada mulut botol soda. Umumnya botol soda yang tersedia akan berbuah menjadi energi yang efisien.

Hasilnya menakjubkan, untuk lampu tenaga surya yang berukuran 300 Lumen mampu bertahan tiga jam, sementara yang berukuran 120 Lumen mampu bertahan hingga enam sampai delapan jam. Pada penelitiannya ini Michael karyanya masuk dalam kategori theLexus Design Award 2014. Kompetisi dimana lampu dinilai secara desain dan berkolaborasi dengan The Japan Design Association NPO.

Lampu tenaga surya ini dibuat untuk penerangan masyarakat miskin. Sehingga masyarakat yang masih menggunakan penerangan dengan bahan berbahaya seperti paraffin (lilin) bisa beralih. Setiap tahunnya asap dan api membunuh sekitar satu setengah juta manusia di dunia terutama wanita dan anak-anak. Akibatnya, jutaan manusia menderita pembengkakan pada paru-paru dan masalah saluran pernapasan. Saatnya kita lebih peduli bukan?

Sumber : designboom.com

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest