Follow Us

Fakta Mengejutkan Seputar Toilet!

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Kamis, 07 November 2013 | 00:00
Fakta Mengejutkan Seputar Toilet
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Fakta Mengejutkan Seputar Toilet

Tahukah Anda? Sebanyak 40% dari populasi dunia masih hidup tanpa akses ke toilet. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana lingkungan jauh dari kesan bersih.

Di banyak negara berkembang, memasang instalasi sistem pembuangan bisa dibilang mustahil. Bahkan, beberapa di antaranya berakhir pada pembuangan limbah yang tidak tepat. Hasilnya? Terjadi penyebaran penyakit melalui air yang menjangkiti jutaan orang.

Sebanyak 7,500 orang meninggal setiap hari karena sanitasi yang buruk, dan 5,000 diantaranya adalah anak-anak di bawah umur 5 tahun. Data kesehatan menyatakan bahwa 31,4% kematian balita disebabkan diare. Penyakit ini tidak hanya menjangkiti kelas bawah saja, namun juga kelas menengah hingga atas. Kini, banyak orang meninggal karena sanitasi yang buruk daripada karena campak, malaria, dan HIV/AIDS jika digabungkan.

Nugroho Tri Utomo dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) selaku Direktur Perumahan & Pemukiman mengungkapkan, bahwa sebanyak 35juta penduduk Indonesia masih buang air sembarangan. Meski angka ini menunjukkan penurunan hingga 50% dibandingkan 3 tahun lalu, kesadaran masyarakat masih terbilang rendah.

Lalu, seberapa serius limbah dari toilet buruk ini? Perharinya, sebanyak 11ribu ton feses tidak diolah semestinya yang jumlahnya bisa disamakan dengan 3500 gajah dewasa. Sementara itu, urine tak terolah dalam sehari mencapai 140rb m², yang bisa diibaratkan dengan 28ribu truk tanki BBM.

Sebanyak 75% komposisi air sungai masuk dalam kategori air limbah. Bahkan, di Jakarta, bisa dipastikan sudah mencapai angka 100%. Ironisnya, banyak perusahaan air minum yang masih juga menggunakan sumber air dari sungai di Jakarta. Bisa Anda bayangkan bagaimana kondisi air minum yang mungkin akan Anda konsumsi nantinya. Apakah kesehatan keluarga Anda sudah Terjamin?

Foto: Dok.iDEA

Editor : iDEA

Latest