Follow Us

Pintu Rumah Unik karena Bergaya Rustik

Annisa Q. Aini - Minggu, 18 Agustus 2013 | 07:00
Pintu Rumah Unik karena Bergaya Rustik
Annisa Q. Aini

Pintu Rumah Unik karena Bergaya Rustik

Masih bingung dengan rustic style? Secara sederhana, gaya rustik artinya membuat perabot atau tata interior yang tidak mengubah bentuk atau tekstur aslinya. Biar lebih jelas, simak salah satu contohnya, pintu di rumah Heribertus Bambang Trihardjanto ini.

Pintu ini terbuat dari kayu kamper. Pertama-tama kayu dipotong menjadi 18 potong papan berukuran 12cm x 210cm. Potongan papan ini kemudian disusun menjadi tiga daun pintu. Untuk "mengunci" deretan papan tadi, setiap daun pintu dilengkapi dengan dua buah papan pendek, yang ditempatkan secara horizontal. Satu lagi, potongan kayu panjang yang ditempatkan dalam posisi diagonal.

Jangan lupa, saat menyusun papan kayu vertikal, berikan celah selebar 1cm, antara kayu satu dengan lainnya. Celah ini diperlukan guna menghindari keretakan pada garis pertemuan antar kayu. Pasalnya, kayu punya kecenderungan memuai dan menyusut.

Untuk memberikan tampilan rustik, papan-papan kayu ini dipapak dengan kapak. Hasilnya, permukaan papam kayu tampak bopeng. Sentuhan berikutnya, supaya si pintu terlihat antik, diberikan finishing pelitur dua warna. Lebih gelap untuk sisi bagian dalam, warna terang untuk sisi bagian luar. Permainan gelap-terang inilah yang membuatnya tampil antik.

Pintu ini bisa digeser-geser dan diputar. Satu daun pintu punya satu pivot. Ia memasang rel pintu garasi di bagian atasnya saja, sedangkan bagian bawah tidak. Pasalnya, rel bagian bawah sering jadi tempat kotoran. Bagaimana, hasilnya oke, kan?

Foto: iDEA/ Tri Rizeki Darusman

Lokasi: Rumah Heribertus Bambang Trihardjanto, Blok M, Jakarta Selatan

(Editor: Anissa Q. Aini)

Editor : Annisa Q. Aini

Latest