Follow Us

Inilah Pipa Untuk Air Dingin dan Air Panas

Sabrina Alisa - Selasa, 20 Desember 2016 | 05:00
Inilah Pipa Untuk Air Dingin dan Air Panas
Sabrina Alisa

Inilah Pipa Untuk Air Dingin dan Air Panas

iDEAonline.co.id - Permasalahan soal air tak ada habisnya. Salah satunya adalah masalah distribusi air yang tak lancar dan tak aman yang dapat mencemari air itu sendiri.

Ibarat urat nadi bagi manusia, pipa sangat berperan dalam seluruh aktivitas mulai memasak, mencuci, ataupun mandi, serta semua aktivitas yang memerlukan air. Karenanya, kondisi sistem pemipaan ini sudah selayaknya prima. Sistem pemipaan yang ideal, seluruh komponen penyusunnya haruslah aman, mudah dipasang, kuat, dan awet. Dan perangkat terpenting dari sistem pemipaan ini adalah pipa.

Selama ini ada beragam jenis pipa yang kita kenal. Masing-masing diproduksi untuk kebutuhan dan penggunaan tertentu. Sebut saja pipa besi cor untuk pipa air bersih dingin; pipa baja yang bisa digunakan untuk air panas, air dingin, dan air buangan; pipa PVC yang hanya digunakan untuk air dingin dan lainnya tetapi tidak disarankan untuk air panas.

Satu Pipa untuk Air Dingin dan Panas

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin maju, muncullah sebuah inovasi di bidang pemipaan ini. Sebuah inovasi teknologi yang memberi solusi bagi permasalahan pipa selama ini. Solusi pipa yang lebih praktis, aman dan tahan lama. Satu pipa untuk saluran air panas dan air dingin bertekanan.

Pipa yang dibuat dari material polypropylene yang dirancang khusus untuk mengalirkan air panas maupun dingin bertekanan dengan jenjang produk yang luas. Material polypropylene random (PPR) tipe 3 yang sangat ringan ini memudahkan transportasi dan instalasinya. Material ini juga ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dan dibakar dengan menggunakan mesin pembakar sampah.

Material ini mempunyai sifat rambat panas yang rendah sehingga dapat menyimpan panas lebih lama tanpa harus dilapisi selubung penahan panas. Fleksibilitas dan kekenyalan material polypropylene random membuat pipa ini tidak bermasalah pada daerah yang rawan gempa. Elastisitas dari polypropylene random (PPR) tipe 3 dapat meredam kebisingan yang terjadi pada instalasi bahkan kebisingan yang disebabkan oleh water hammer.

Dalam aplikasinya, pipa sistem lengkap ini tersedia dalam beragam pilihan. Ketebalan dinding pipa bervariasi sesuai dengan kelas tekanan dan temperatur air sesuai penggunaannya. Karakteristik permukaan dalam pipa, licin dan halus, mengakibatkan tidak terbentuknya pengendapan kotoran pada pipa dan juga head loss yang terjadi lebih kecil daripada pipa air panas dan dingin tradisional lainnya, serta mampu bertahan pada aliran asam dan basa kuat walaupun pada temperatur 115 ?C.

Sistem sambungan pipanya menggunakan sistem penyambungan heat fusion dengan menggunakan pemanas polyfusion dan electrofusion yang memberikan hasil sambungan yang homogen (bersenyawa) sehingga sangat kuat. Sistem penyambungan ini menjamin pipa yang tahan hingga 50 tahun ini antibocor dan tahan lama dan bebas perawatan.

Seluruh sambungan adalah sambungan ulir yang dibuat dari material yang tahan terhadap panas, antikarat (dapat mengalirkan air dengan kecepatan 7 meter/detik tanpa menimbulkan abrasi), serta dapat diaplikasikan ke seluruh sistem sanitari.

Editor : Sabrina Alisa

Latest