Follow Us

Sekolah Penjara, Desain Radikal untuk Narapidana

- Selasa, 02 Mei 2017 | 08:00
Sekolah Penjara Desain Radikal untuk Narapidana
idea

Sekolah Penjara Desain Radikal untuk Narapidana

iDEAonline - Adalah Raphael Sperry yang berinisiatif melakukan kampanye peningkatan kesadaran para arsitek untuk tidak mendesain penjara sebagai ruang eksekusi atau unit sel isolasi. Sperry merupakan arsitek, perancang, perencana tanggung jawab sosial sekaligus pendiri The American Institute of Architects (AIA).

Sperry tak sendiri. Ia didukung oleh Deanna VanBuren yang merupakan petinggi Forum Design Studio. Deanna juga telah memperjuangkan keadilan restoratif, sebuah pendekatan terhadap sistem peradilan yang menekankan rehabilitasi dan rekonsiliasi para terpidana dengan masyarakat sekitarnya.

Desain penjara Santayana memang tidak biasa, untuk tidak disebut istimewa. Terhadap desain yang di luar pakem ini, ia menjelasnya, tindak kejahatan atau kriminal yang terjadi di Amerika Serikat, khususnya yang dipicu oleh penyalahgunaan narkoba telah menciptakan populasi penjara membengkak 500 persen sejak 1970.

Nah, PriSchool justru dirancang bagi terpidana yang berjuang untuk tetap mematuhi hukum setelah lepas dari penjara. PriSchool menempati area di lingkungan Brooklyn dan dikelilingi oleh blok-blok hunian dengan tingkat tinggi. Jangan kaget, bila negara AS menghabiskan lebih dari 1 juta dollar AS (Rp 11,7 miliar) per tahun untuk memenjarakan warga mereka.

Kompleks ini membentang dari barat ke timur dan terbagi menjadi empat bangunan. Terdiri atas sekolah kriminologi, penjara, bangunan serbaguna/pra pelepasan dan pusat kegiatan masyarakat. Bentuk bangunan ini melengkung dan fungsional, di mana masing-masing dari keempat bangunan tersebut terjalin satu sama lain oleh sebuah jembatan.

Para terpidana dan mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengambil bagian dalam mempelajari sesuatu secara bersama. Khusus para siswa, mendapat kesempatan untuk merasakan situasi nyata yang mereka pelajari di sekolah kriminologi.

Sumber: properti.kompas.com

Editor : iDEA

Latest