Follow Us

Demi Piala Dunia, Qatar Belanja Infrastruktur Ribuan Triliun Rupiah!

Maulina Kadiranti - Sabtu, 08 Februari 2014 | 06:00
Demi Piala Dunia Qatar Belanja Infrastruktur Ribuan Triliun Rupiah
Maulina Kadiranti

Demi Piala Dunia Qatar Belanja Infrastruktur Ribuan Triliun Rupiah

Demi perhelatan akbar Piala Dunia FIFA 2022, Qatar mengalokasikan dana infrastruktur dengan nilai fantastis. Tak tanggung-tanggung, negeri petrodollar ini telah menyiapkan "fulus" sebanyak 205 miliar dollar AS atau setara Rp 2.463 triliun!

Dana belanja tersebut bakal dimanfaatkan untuk tahun anggaran 2013-2018 dan sebagai persiapan menyambut pesta sepakbola sejagat serta mewujudkan Visi Nasional 2030.

Sebagian besar belanja infrastruktur akan dibiayai oleh pemerintah. Sebagian lagi, akan berasal dari kreditur lokal dan internasional.

Perwakilan Qatar National Bank, Yusuf Saeed, mengatakan, proyek-proyek besar membutuhkan pembiayaan konvensional. Pihaknya memiliki banyak opsi untuk pembiayaan tersebut, termasuk memanfaatkan lembaga kredit ekspor Islam.

Lebih jauh Saeed mengungkapkan, belanja infrastruktur tersebut juga dialokasikan untuk membiayai proyek Qatar Rail. Proyek ini diperkirakan menelan biaya sekitar 45 miliar dollar AS (Rp 540,8 triliun).

Mereka juga berencana membangun dan memperbaiki jalan serta drainase di seluruh penjuru negeri, stadion untuk Piala Dunia FIFA 2022, dan sejumlah pelabuhan baru.

Sumber: properti.kompas.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest