Follow Us

Biaya Hidup Layak di Jakarta Rp7,5juta Sebulan

Devi F. Yuliwardhani - Selasa, 25 Maret 2014 | 10:08
Biaya Hidup Layak di Jakarta Rp7 5juta Sebulan
Devi F. Yuliwardhani

Biaya Hidup Layak di Jakarta Rp7 5juta Sebulan

Pengamat perkotaan Universitas Trisakti Yayat Supriyatna mengatakan, berdasarkan survei BPS, biaya hidup yang layak di Jakarta dengan 4 anggota rumah tangga idealnya sekitar Rp7,5juta per bulan.

"Bandingkan dengan UMP Rp 2,2 juta per bulan dan niat Pak Ahok menggaji tukang parkir Rp 4 juta per bulan, itu belum mampu mencukupi," ujarnya, dalam sebuah diskusi, di Jakarta, Selasa (26/3/2014).

Yayat memaparkan, ada tiga komponen pengeluaran biaya hidup terbesar di Jakarta, salah satunya adalah transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan dengan share pengeluaran 19,15 persen. Pertumbuhan kendaraan kelas menengah makin cepat sehingga berujung pada naiknya ongkos perjalanan atau biaya transportasi.

"Biaya perjalanan per bulan Rp 4 - Rp 5 juta. Akibatnya kelas menengah sekarang ini move on. Mereka berpikir, daripada tinggal di kota pinggiran yang indah tapi kena macet ke kantor, mending pindah ke tengah kota yang dekat dengan stasiun kereta api. Karena Rp 4,5 juta per bulan itu sama dengan harga sewa apartemen," ujarnya.

Kota yang ideal, menurut Yayat, syaratnya hanya tiga, yakni kemudahan tempat tinggal, kemudahan akses pekerjaan, dan kemudahan mobilitas.

Sumber: nasional.kompas.com

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest