Follow Us

Desain Rumah Hemat Energi Itu Hemat Biaya Lho!

- Sabtu, 22 April 2017 | 09:10
Yuk! Desain Rumah Hemat Energi
idea

Yuk! Desain Rumah Hemat Energi

iDEAonline - Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghemat energi. Apalagi hari ini kita sedang merayakan Hari Bumi.

Melakukan penghematan energi di rumah sendiri, adalah salah satu langkah bijak dalam upaya menghindarkan bumi dari kerusakan akibat pemanasan global. Salah satu caranya bisa diawali dari desain rumah hemat energi.

Karena rumah sebagai pusat aktivitas dan tempat beristirahat selalu menyerap dan menghabiskan energi dalam jumlah yang tidak sedikit setiap detiknya. Alhasil, kebutuhan listrik dan air bersih pun akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah dan populasi manusia.

Untuk menciptakan rumah hemat energi, seharusnya dimulai dari awal mendesain rumah. Bagaimana caranya? Perhatikan hal berikut ini.

1. Usahakan posisi rumah tidak menghadap ke timur atau barat supaya cahaya matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah.

2. Atur penempatan ruangan, dengan cara memperbanyak bidang utara dan selatan. Hal tersebut dilakukan supaya panas matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah dan mengakibatkan suhu rumah naik.

3. Usahakan pada setiap ruangan mempunyai jendela atau ventilasi, agar ada pertukaran udara. Karena udara yang terjebak di dalam ruangan akan membuat suhu ruangan tinggi.

4. Anda bisa memasang shading atau penahan sinar, seperti kanopi. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah melalui jendela atau ventilasi.

5. Gunakanlah peralatan elektronik hemat energi, mulai dari lampu hingga perangkat yang memakan daya cukup besar. Terutama bagi Anda yang masih menggunakan perangkat lama, yang sayang utuk menggantinya dengan produk baru hemat energi. Namun, jika dipikirkan untuk jangka panjang, mahalnya biaya di awal tidak akan sia-sia. Karena, ke depannya Anda bisa berhemat bayar listrik dan menyelamatkan lingkungan.

6. Kurangi ketergantungan terhadap sumber air tanah dan PAM. Apabila memungkinkan, gunakanlah air hujan sebagai salah satu alternatif sumber air dengan cara membuat sumur serapan.

Dengan membuat desain rumah yang hemat energi, kita secara tidak langsung menghemat biaya yang dikeluarkan untuk membiayai listrik AC atau lampu. Yuk kita mulai berhemat energi di Hari Bumi ini!

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest