Follow Us

Luar Biasa, Bangun 10 Rumah Hanya 24 Jam!

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 28 April 2014 | 10:10
Luar Biasa Bangun 10 Rumah Hanya 24 Jam
Devi F. Yuliwardhani

Luar Biasa Bangun 10 Rumah Hanya 24 Jam

iDEAonline.co.id - Perusahaan material inovatif asal China, Yingchuang New Materials, berhasil memproduksi 10 bangunan rumah dengan memanfaatkan teknologi cetak tiga dimensi. Perusahaan ini menggunakan mesin hasil kustomisasi yang melahirkan lapisan-lapisan dari campuran limbah konstruksi dan semen.

Laporan berita televisi dari CNC World memaparkan, perusahaan yang berbasis di Suzhou tersebut, menghabiskan 20 juta Yuan (sekitar Rp 37,1 miliar) untuk proyek bangunan rumah ini, dan 12 tahun untuk mengembangkan alat manufaktur bahan aditif khusus. Alat ini bisa digunakan untuk mencetak struktur arsitektural yang bisa menopang bangunan.

Langkah pertama yang dilakukan Yingchuang New Materials untuk membuktikan ketangguhan hasil penelitiannya adalah membangun 10 bangunan dalam 24 jam. Bangunan berbentuk rumah sederhana ini nantinya akan digunakan sebagai kantor di lokasi industri Shanghai.

Mesincetak khusus hanya membuat dinding dan struktur. Satu-satunya bagian yang tidak dibuat oleh mesin cetak adalah bagian genteng. Yingchuang New Materials menyatakan, pembuatan genteng dari mesin cetak belum bisa dilakukan karena teknologi yang dimilikinya belum cukup canggih.

Meski "hanya" mencetak dinding, penemuan dan proses pembangunan super-cepat ini terbilang istimewa. Proses yang dilakukan di pabrik Yingchuang New Materials tersebut membutuhkan setidaknya empat mesin cetak sekali produksi. Mesin tersebut menggunakan "bahan baku" berupa limbah konstruksi dari bangunan yang dihancurkan.

Presiden Direktur Yingchuang New Materials Ma Yihe memang memiliki visi ambisius mengenai teknologi yang ditemukan perusahannya. Suatu hari nanti, dia ingin mesin semacam ini bisa digunakan untuk membangun gedung pencakar langit. Selain cepat, bangunan pun akan dibuat dari bahan-bahan hasil daur ulang.

"Dengan teknologi cetak tiga dimensi di masa depan, kita bisa membangun bangunan berkualitas dengan material yang bisa diandalkan tanpa menghasilkan limbah," ujar Ma Yihe.

-Foto: Justin CoitSumber : www.dezeen.com via Kompas.comEditor : Hilda B Alexander

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest