Follow Us

Membuat Kayu Tetap Cantik dan Bebas Rayap

Rasantika M. Seta - Rabu, 30 Oktober 2013 | 04:00
Membuat Kayu Tetap Cantik dan Bebas Rayap
Rasantika M. Seta

Membuat Kayu Tetap Cantik dan Bebas Rayap

Ada beragam cara mempercantik dinding. Salah satunya dengan melapisi dinding dengan panel kayu. Untuk itu, kita punya banyak pilihan kayu lokal dengan tekstur dan penampang yang menarik. mulai dari jati, bengkirai, kayu kelapa, kamper, hingga kayu nangka.

Sayangnya di beberapa tempat sangat sulit untuk mengaplikasikan kayu yang eksotis itu karena serangan rayap. Beberapa orang memilih tak ambil resiko dan mengurungkan niat memperindah rumah dengan kayu. Walau sebenarnya, kalau mau, serangan rayap itu dapat dicegah.

Untuk melindungi panel dinding kayu dari rayap, Anda bisa melakukan teknik injeksi anti rayap. Dengan perlakukan teratur, hewan perusak kayu itu akan enggan mampir ke rumah. Begini cara aplikasinya.

Buat lubang pada lembar kayu pelapis dinding dengan menggunakan bor hingga tembus dari depan ke belakang. Rayap selalu menyerang dari bawah, jadi usahakan untuk melubangi pada bagian bawah kayu yang tidak terlalu terlihat, namun tidak membuat Anda kesulitan untk menyuntikkan bahan anti rayap. Tidak terlalu terlihat maksudnya agar lubang tak merusak penampilan kayu.

Masukkan insektisida ke dalam jarum suntik. Salah satu yang bisa digunakan adalah insektisida jenis BPMC. Pembasmi hama wereng ini efektif untuk membasmi rayap. Anda bisa membelinya di toko peralatan pertanian dan berkebun. Suntikkan insektisida pada lubang kayu. Tidak perlu banyak, cukup beberapa tetes saja. Lakukan ini pada seluruh panel dinding rumah Anda. Ulangi seluruh perlakukan ini minimal tiga bulan sekali. Panel kayu Anda akan terlindung dari serangan rayap. Kecantikannya akan bertahan lama.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Editor : iDEA

Latest