Follow Us

Membuat Air Terjun Mini

Maulina Kadiranti - Minggu, 17 November 2013 | 00:00
Membuat Air Terjun Mini
Maulina Kadiranti

Membuat Air Terjun Mini

Tanya:

Saya ingin tahu arah rumah yan baik dan memberi manfaat maksimal dari alam. Suami lahir 23 September 1978 sekitar 23.00 dan saya 10 Juli 1977 sekitar pukul 5.00. Menurut pendapat Bapak, apakah membuat air terjun mini beserta kolamnya di dalam rumah tidak berakibat buruk bagi keluarga dan usaha kami? Kami berencana membuat rumah multi split level. Dengan begitu, akan banyak tangga di dalam rumah. Apakah ada dampaknya bagi kami?

Atas perhatiannya, saya sangat berterima kasih

Salam

Silvia Hariyanto - kenawai@gmail.com (Kalimantan Timur)

Jawab:

Ibu Silvia

Memang sebaiknya dalam perencanaan pembangunan rumah, tolak ukur fengshui didahulukan untuk menghindari perombakan yang tak perlu pada masa mendatang. Saat mencari tanah untuk mendirikan bangunan, perlu kita mengetahui KUA pribadi calon pemiliki rumah. KUA pribadi Anda adalah 1 dan Suami 3, yang menjadikan Anda berdua termasuk kelompok Timur.

Agar memudahkan penempatan tiga faktor utama fengshui, yakin pintu utama, tempat tidur, dan kompor, maka sebaiknya mencari sebidang tanah yang memungkikan arah hadap calon bangunan ke salah satu arah ini: Utara, Selatan, Barat, dan Barat Daya. Bangunan yang didirikan dengan menghadap salah satu arah tersebut akan menjadi bangunan kelompok Timur.

Setelah itu, kita bisa membuat sembilan zoning ruangan: tengah, empat zona ber-Qi bagus, dan empat zona ber-Qi buruk. Pintu utama dan kamar tidur utama diposisikan pada zona yang ber-Qi bagus (ShengQi, TianYi, YanNian, dan FuWei). Dapur, kamar mandi, gudang, dan ruang lain, ditempatkan pada zona yang ber-Qi buruk (HuoHai, WuGui, Liusha, dan, JueMing).

Air terjun atau kolam mili di dalam rumah tidak akan berdampak buru. Malah kolam bisa memberikan hasil yang bagus, bila ditempat pada zona yang tepat, terutama ShengQi, dan FuWei. Asalkan penempatan badan air ini tak pada kamar tidur karena air yang selalu aktif dapat menurunkan kualitas tidur. Air hanya akan berdampak buruk jika ditempatkan pada zona buruk. Hindari zona LiuSha, yang dapat menstimulasi timbulnya masalah-masalh yang berurusan dengan hukum.

Jika bangunan memiliki banyak lantai, zoning semua lantai sama letaknya. Sebaiknya tangga diposisikan pada zona bagus karena merupakan jalan Qi dari lantai bawah ke lantai di atasnya. Dengan menempatkan tangga pada zona bagus, makan Qi yang bagus akan terhantarkan ke lantai atas. Hindari pembangunan lantai dengan anak tangga yang dimulai tepat dari tengah-tengah rumah.

Selain pintu utama, pintu-pintu lainnya juga diposisikan sedemikian rupa sehingga tidak ada yang persis berhadapan (formasi tusuk sate yang menghasilkan ShaQi). Jendela-jendela sebaiknya diposisikan pada tembaok ruangan yang ber-Qi bagus. Daun jendela dan pintu juga dianggap sebagai aktivator pada fengshui. Tentunya hanya Qi bagus yang perlu kita aktifkan.

Terakhir, namun tak kalah penting, adalh furnitur dan fitur-fitur lain dalam rumah yang sesuai dengan kaedah dasar fengshui. Pengaturannya menjadikan alur lalu lintas dalam rumah seperti suanga yang berkelok-kelok lembut, tidak terlalu deras seperti tusuk sate

Salam bahagia Erwin Yap

Editor : Maulina Kadiranti

Latest