Follow Us

Lima Kebiasaan Baru yang Membuat Rumah tetap bersih

Maulina Kadiranti - Senin, 04 Mei 2015 | 06:10
Lima Kebiasaan Baru yang Membuat Rumah tetap bersih
Maulina Kadiranti

Lima Kebiasaan Baru yang Membuat Rumah tetap bersih

iDEAonline.co.id -Rumah bersih tentu dambaan bagi setiap keluarga, namun, membuat dan menciptakan kebersihan bagi beberapa orang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Padahal, salah satu hal yang dapat mempengaruhi kesehatan anggota keluarga berasal dari lingkungan sekitar rumah yang tidak terjaga kebersihannya. Tentu, membuat rumah tetap bersih merupakan hal yang harus Anda lakukan bersama anggota keluarga.

Jika Anda merupakan orang yang memiliki kesibukan di luar rumah, dan terbilang sangat sulit untuk menjaga kebersihan rumah. Anda dapat melakukan kebiasaan-kebiasaan baru yang dapat membuat rumah menjadi lebih bersih. Sebab, menjaga kebersihan di rumah dapat Anda mulai dengan merubah kebiasaan-kebiasaan kecil bersama keluarga. Berikut lima kebiasaan baru yang dapat membuat rumah tetap bersih dan indah.

1. Selalu membersihkan

Anda tidak perlu menggosok lantai setiap hari, tetapi pertimbangkan untuk lebih memperhatikan kebersihan dapur. Anda dapat memulai dengan mengelap kabinet setiap Anda selesai memasak. Anda juga bisa mengelap pancuran setelah menggunakannya. Hal terpenting agar tidak menumpuk yaitu mencuci piring sesudah Anda makan.

Artinya, Anda bisa membersihkan hal apa pun sedikit mungkin dengan cara mengikuti pola kebiasaan keseharian Anda. Hal ini lebih mudah ketimbang jika Anda menanggap bahwa membersihkan rumah merupakan hal besar dan menakutkan yang hanya bisa dilakukan seminggu sekali.

2. Meletakkan barang di tempatnya semula

Membuat rumah tetap bersih dapat Anda lakukan dengan memastikan barang-barang sudah berada di tempatnya. Misalnya, kabinet tersapu bersih dan baju kotor sudah di dalam keranjang. Tdak perlu memvakum lantai setiap pagi, namun Anda bisa menyapu bagian-bagian yang paling sering dilewati. Perhatikan juga ketika meletakkan dokumen langsung di tempat khusus, bukan di atas meja atau sembarang tempat.

Sebelum tidur, Anda bisa mengembalikan perabot yang telah digunakan seharian, di tempatnya semula. Dengan begitu, Anda akan menemukan energi lebih dari rumah yang terlihat rapi dan bersih. Lakukan kebiasaan ini secara teratur supaya rumah tetap bersih dan lebih nyaman.

3. Meletakkan pembersih di dekat tempat yang paling kotor

Di dalam rumah ada titik-titik yang paling mudah dan cepat kotor. Pastikan untuk menyimpan peralatan atau perlengkapan kebersihan di titik yang mudah untuk dijangkau sehingga kegiatan membersihkan menjadi lebih mudah.

Umumnya tempat yang mudah kotor adalah wastafel kamar mandi. Penyebabnya, bisa dicegah lebih cepat secara teratur jika Anda menyimpan alat pembersih di bawah wastafel, misalnya sikat atau lap.

4. Membiarkan beberapa tempat berantakan

Editor : Maulina Kadiranti

Latest