Follow Us

Desain taman di Universitas Kent, Inggris, buatan mahasiswa Indonesia?

Maulina Kadiranti - Jumat, 12 Juni 2015 | 10:50
Desain taman di Universitas Kent Inggris buatan mahasiswa Indonesia
Maulina Kadiranti

Desain taman di Universitas Kent Inggris buatan mahasiswa Indonesia

iDEAonline.co.id - Mendekati perayaan hari ulang tahun ke-50 Universitas Kent, perguruan tinggi yang terletak di London, Inggris, mengadakan kompetisi desain taman yang bergensi. Salah satunya adalah renovasi Taman Biara di Eliot College. Kampus yang menaungi Departemen dan Sekolah Arsitektur ini pun membuka sebuah kompetisi desain bagi semua siswanya.

Salah satunya adalah renovasi Taman Biara di Eliot College. Kampus yang menaungi Departemen dan Sekolah Arsitektur ini pun membuka sebuah kompetisi desain bagi semua siswanya. Sejak pengumuman tersebut, Tracy Hulley dan siswa asal Indonesia, Prinka Anandawardhani, tertarik untuk mengajukan proposal desain taman di Universitas Kent, Ingris dan mengikuti kompetisi tersebut.

Kampus ini sudah dibuka sejak 1965. Elliot College sangat terkait dengan School of Art atau sekolah seni. Oleh karena persaingan sengit dan kondisi yang mendesak, untuk menumbuhkan ingatan akan sejarah dengan menghubungkan penggunaannya ke masa lalu, keduanya sepakat untuk menciptakan ruang multifungsi.

Ruang yang berupa taman ini akan digunakan untuk aktivitas drama, tari, dan produksi. Taman ini juga bisa digunakan untuk belajar dan santai bagi semua orang karena suasananya tenang dan menyenangkan.

Setelah terpilih menjadi empat kontestan terakhir, Tracy dan Pringka mendapat hadiah uang sejumlah 75 poundsterling (Rp 1.541.795) untuk menciptakan model desain skala 1: 100.

Setelah memperhitungkan saran yang diberikan juri, keduanya memutuskan menghapus area patung. Untuk menggantikannya, area ini menjadi jalan gapura atau pergola di mana mereka memasukkan kotak bunga untuk menambah kecerahan dan warna. Selain itu, desain tersebut juga memberikan akses bagi penyandang cacat.

Usaha keras keduanya membuahkan hasil. Sejak diputuskan sebagai pemenang, Tracy dan Prinka telah bertemu dengan pejabat kampus untuk membahas beberapa perubahan kecil. Desain taman di Universitas Kent, Inggris, hasil karya mahasiswa Indonesia tersebut dijadwalkan mulai dibangun dalam beberapa bulan ke depan dan akan selesai pada September, sesuai dengan perayaan ulang tahun Universitas Kent.

Sumber: Kompas.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest