Follow Us

Bahaya, Ada Parasit Penyebab Diare di Kolam Renang!

Maulina - Minggu, 30 Agustus 2015 | 01:50
Bahaya Ada Parasit Penyebab Diare di Kolam Renang
Maulina

Bahaya Ada Parasit Penyebab Diare di Kolam Renang

iDEAonline.co.id - Jika iDEAlovers gemar berenang, cobalah untuk lebih berhati-hati dengan tidak meminum air kolam. Pasalnya, dalam hasil studi yang dilansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC) minggu ini, dilaporkan bahwa jumlah parasit Cryptosporidium yang terkandung dalam air kolam renang meningkat. Parasit yang dikenal dengan sebutan parasit Crypto ini merupakan parasit penyebab penyakit diare pada manusia.

Di tahun 2011 hingga 2012 silam, kasus meningkatnya parasit ini mulai merebak. Sebanyak 73 orang dirawat dan satu orang meninggal akibat terserang diare yang diketahui disebabkan oleh parasit Crypto ini. Setelah diteliti lebih jauh, para pasien mendapati diri mereka terserang diare setelah berenang di kolam-kolam renang umum dan kolam spa, juga pada sejumlah pantai. Ternyata, parasit Crypto bisa bertahan di air yang telah diberi larutan clorin sekalipun.

Menanggapi hal tersebut, CDC menghimbau pengelola kolam renang umum dan masyarakat yang memiliki kolam renang pribadi di rumah agar menggunakan sinar ultraviolet atau ozon untuk menonaktifkan parasit. Selain itu, penderita diare dihimbau untuk tidak berenang selama setidaknya dua minggu untuk mencegah terjadinya penularan.

Foto: blogcdn

Sumber: nationalgeographic.co.id

Editor : Maulina

Latest