Follow Us

Mau Merawat Anggrek? Lakukan 4 Hal Ini Agar Tumbuh Subur!

- Jumat, 12 Mei 2017 | 07:50
Mau merawat anggrek Lakukan 4 hal berikut ini agar tumbuh subur
idea

Mau merawat anggrek Lakukan 4 hal berikut ini agar tumbuh subur

iDEAonline - Anggrek memang mempunyai daya tarik yang luar biasa, mungkin karena tanaman anggrek mempunyai sejuta pesona keindahan. Bayaknya penyilangan anggrek mengakibatkan banyaknya ragam dan warna yang baru sehingga tanaman anggrek semakin banyak diminati.

Tidak sulit untuk merawat tanaman ini, yang penting kita harus tahu bagaimana tanaman anggrek ini bisa hidup.

Berikut adalah 4 tips merawat tanaman anggrek:

1. Tempatkan tanaman anggrek di area yang terkena sinar matahari alami, namun area tersebut tidak boleh terlalu panas. Hindari masuknya sinar matahari secara berlebihan. Kelebihan intensitas matahari akan menyebabkan daun-daun menguning seperti terbakar.

2. Jagalah tanaman anggrek agar tetap lembap. Tanaman anggrek merupakan tanaman tropis dan lingkungan alaminya adalah daerah yang lembab. Terlalu banyak memberikan air pada tanaman justru akan merusak anggrek. Penyiraman baik dilakukan pada pagi hari jam 07.00-09.00 dan sore hari jam 15.00-17.00

3. Tanam anggrek dalam pot kecil. Akar-akarnya yang halus membutuhkan pot yang lebih kecil untuk tumbuh dan berkembang. Penggantian pot sangatlah penting, penggantian pot adalah proses dimana tanaman anggrek ditanam ulang dengan pot yang lebih besar dengan media tanaman baru. Tanda pot anggrek sudah harus diganti adalah pot sudah padat oleh tunas baru, pot sudah tidak cukup menampung perakarannya, media tanam banyak ditumbuhi lumut, media tanam sudah hancur dan lapuk

4. Anggrek akan tumbuh baik di dataran tinggi, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk hidup di dataran rendah. Suhu yang baik untuk anggrek adalah 15 C-35 C ks(suhu maximal 20 C) dengan sirkulasi udara yang baik. Kelembaban udara berkisar 65% - 70%.

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest