iDEAonline.co.id - Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Paris, Prancis ini berhasil menyita perhatiaan publik di seluruh dunia. Hal ini terbukti dengan adanya aktivitas menakjubkan yang diadakan di menara paling ikonik dari Kota Paris, Menara Eiffel.
Ya, dalam waktu seminggu terakhir ini, Menara Eiffel yang berada di Paris tengah "diambil alih" oleh netizen. Apa maksudnya? Ternyata, setiap malamnya selama perhelatan UEFA Euro 2016, warna dari Menara Eiffel akan berubah.
Sebagai bagian dari kampanye publisitas operator Prancis Orange, salah satu sponsor Euro 2016, warna lampu di Menara Eiffel akan dipilih berdasarkan jumlah cuitan di Twitter, postingan Facebook dan Instagram dukungan bagi setiap negara peserta.
Cara kerjanya seperti ini, jika Prancis dan Inggris bertanding, setiap penggemarnya bisa secara masif mengekspresikan dukungannya lewat media sosial melalui hashtags atau tanda pagar (tagar) yang direkomendasikan oleh UEFA seperti #FRA untuk Prancis dan #ENG untuk Inggris. Postingan media sosial itu dihitung dari satu menit lewat tengah malam pada hari pertandingan sampai dengan pukul 21.30 malam waktu Prancis.
Bendera negara yang paling banyak tagarnya di media sosial akan diproyeksikan lewat lampu-lampu ke Menara Eiffel hingga tengah malam. Gelaran Euro 2016 akan berlangsung selama satu bulan, yakni dari 10 Juni hingga 10 Juli 2016 dan selama itu pula netizen menentukan warna Menara Eiffel tiap malamnya.
Bukan hanya mengganti warna, Orange juga berencana untuk memproyeksikan tulisan sosial yang paling kreatif di menara itu. Kampanye publisitas ini wajar dilakukan mengingat penggunaan media sosial begitu intensif ketika ada kejuaraan sepakbola seperti Euro.
Selama Piala Dunia 2014 silam, Twitter melansir data sebanyak 672 juta cuitan yang dihasilkan selama turnamen berlangsung. Jumlah itu enam kali lipat lebih banyak daripada cuitan yang dikeluarkan selama Olimpiade berlangsung.
Idenya keren juga ya, iDEA lovers!
Sumber: http://properti.kompas.com
Foto: uncova.com