Follow Us

3 Tempat yang Menjadi Sarang Nyamuk Aedes Aegypti di Rumah

Sabrina Alisa - Sabtu, 27 Agustus 2016 | 04:00
3 Tempat yang Menjadi Sarang Nyamuk Aedes Aegypti di Rumah
Sabrina Alisa

3 Tempat yang Menjadi Sarang Nyamuk Aedes Aegypti di Rumah

iDEAonline.co.id - Mencegah kasus demam berdarah bisa dimulai dari memberantas jentik nyamuk. Salah satu cara memberantas jentik nyamuk, yaitu menguras bak mandi dan wadah air terbuka lainnya.

Namun, menurut dokter spesialis anak konsultan bidang infeksi dan penyakit tropis, Sri Rezeki Hadinegoro, seperti yang dikutip dari kompas.com mengatakan bahwa kebanyakan orang hanya menguras bak mandi saja. Padahal, banyak tempat-tempat tak terduga di rumah yang ternyata bisa menjadi lokasi berkembangbiaknya jentik nyamuk Aedes Aegypti. Di mana saja itu?

Dispenser

Dispenser bisa menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk, tepatnya di wadah penampungan air yang terletak di bawah keran dispenser. Tak hanya dispenser di rumah, yang ada di sekolah, kantor atau ruang kerja pun perlu dicek.

Penampung air AC

Pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) juga tak lepas dari masalah perkembangbiakan jentik nyamuk penyebab demam berdarah. Beberapa orang menampung tetesan air AC di ember atau wadah terbuka lainnya. Tentu saja, wadah terbuka berisi air tersebut bisa menjadi tempat ideal nyamuk untuk bertelur. Pasalnya, memang nyamuk Aedes Aegypti diketahui suka di air bersih.

Tempat minum burung

Tempat minum burung peliharaan sering kali tak diperhatikan pemiliknya, karena terletak di dalam kandang. Tanpa diduga, lokasi tersebut juga bisa menjadi tempat hidup jentik nyamuk. Bagi Anda yang suka memelihara burung, jangan lupa rutin membersihkan tempat minum burung, setidaknya satu minggu sekali. Selain itu, jentik juga bisa hidup jika terdapat genangan air di alas pot tanaman.

Jika Anda berencana untuk bersih-bersih sebelum libur panjang, perhatikan hal penting ini. Ketika menguras wadah berisi air, itu tak sekadar mengganti airnya saja. Bagian dari dinding wadah air tersebut pun harus dibersihkan karena telur nyamuk bisa saja masih menempel di sana. Lalu, selain menguras, sebaiknya menutup wadah penampungan air dan manfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas agar tak jadi sarang nyamuk.

Periksa tempat-tempat tak terduga seperti di atas ya iDEA Lovers agar rumah bebas dari nyamuk Aedes Aegypti.

Sumber: http://health.kompas.com

Foto: homehello.com.au

Editor : Sabrina Alisa

Latest