Follow Us

Aman dan Praktis Satu Pipa untuk Air Dingin dan Air Panas

Sabrina Alisa - Kamis, 01 September 2016 | 04:44
Aman dan Praktis Satu Pipa untuk Air Dingin dan Air Panas
Sabrina Alisa

Aman dan Praktis Satu Pipa untuk Air Dingin dan Air Panas

iDEAonline.co.id - Bicara soal air tak akan pernah selesai. Ketersediaan dan keberadaannya begitu berpengaruh terhadap kehidupan kita. Namun, tak dipungkiri permasalahan soal air pun tak ada habisnya. Salah satunya adalah masalah distribusi air yang tak lancar dan tak aman yang dapat mencemari air itu sendiri.

Kunci permasalahannya terletak pada sistem pemipaan airnya (plumbing). Sistem pemipaan ini ibarat urat nadi bagi kita, di mana seluruh aktivitas dari mulai memasak, mencuci, atau pun mandi, semua memerlukan air. Karenanya, kondisi sistem pemipaan ini sudah selayaknya prima. Untuk itulah perlu perencanaan yang cermat dan benar dari sejak awal dimulainya proses pembangunan rumah.

Jenis-jenis Pipa

Salah satu perangkat yang penting dalam sistem plambing adalah pipa. Selama ini ada beragam jenis pipa yang kita kenal. Masing-masing diproduksi untuk kebutuhan dan penggunaan tertentu. Sebut saja pipa besi cor untuk pipa air bersih dingin; pipa baja yang bisa digunakan untuk air panas, air dingin, dan air buangan; pipa PVC yang hanya digunakan untuk air dingin dan lainnya tetapi tidak disarankan untuk air panas.

Satu Pipa untuk Air Dingin dan Panas

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin maju, muncullah sebuah inovasi di bidang pemipaan ini. Sebuah inovasi teknologi yang memberi solusi bagi permasalahan pipa selama ini. Solusi pipa yang lebih praktis, aman dan tahan lama. Satu pipa untuk saluran air panas dan air dingin bertekanan.

Pipa yang dibuat dari material polypropylene yang dirancang khusus untuk mengalirkan air panas maupun dingin bertekanan dengan jenjang produk yang luas.

Material polypropylene random (PPR) tipe 3 yang sangat ringan ini memudahkan transportasi dan instalasinya. Material ini juga ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dan dibakar dengan menggunakan mesin pembakar sampah. Material ini mempunyai sifat rambat panas yang rendah sehingga dapat menyimpan panas lebih lama tanpa harus dilapisi selubung penahan panas. Fleksibilitas dan kekenyalan material polypropylene random membuat pipa ini sangat aman diinstalasi pada daerah yang rawan gempa.

Material polypropylene random (PPR) type 3 dapat meredam kebisingan yang terjadi pada instalasi bahkan kebisingan yang disebabkan oleh water hammer. Dalam aplikasinya, pipa sistem lengkap ini, tersedia dalam beragam pilihan. Ketebalan dinding pipa bervariasi sesuai dengan kelas tekanan dan temperatur air sesuai penggunaannya. Karakteristik permukaan dalam pipa yang licin dan halus, mencegah terjadinya pengendapan kotoran pada pipa dan juga mereduksi head loss, serta mampu bertahan pada aliran asam dan basa kuat walaupun pada temperatur 115 derajat.

Sistem sambungan pipanya menggunakan metode heat fusion dengan menggunakan pemanas polyfusion dan electrofusion yang memberikan hasil sambungan yang homogen (bersenyawa) sehingga sangat kuat (sama dengan kekuatan pipa).

Dengan sistem penyambungan ini menjamin pipa anti bocor, tahan lama dan bebas perawatan. Ketahanan pipa bertahan sampai dengan 50 tahun. Sambungan ulir nya terbuat dari material Nickel-Plated Brass OT 58 yang tahan terhadap panas, antikarat (dapat mengalirkan air dengan kecepatan 7 meter/detik tanpa menimbulkan abrasi), serta dapat diaplikasikan ke seluruh sistem sanitari.

Sumber: wavin.co.id

Editor : Sabrina Alisa

Latest