Follow Us

Sambut Hari Pahlawan, Tengok Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende

Sabrina Alisa - Jumat, 10 November 2017 | 04:15
Yuk Tengok Lebih Dalam Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende
Sabrina Alisa

Yuk Tengok Lebih Dalam Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende

iDEAonline – Salah satu situs peninggalan Bung Karno adalah rumah pengasingannya di Ende.

Di sini, Anda akan melihat bagaimana Sang Presiden Indonesia pertama menjalani hari-hari selama di tempat pengasingan. Kota Ende, Nusa Tenggara Timur terbilang tenang dan damai.

Kota ini menyimpan sejarah panjang perihal sepak terjang Soekarno atau Bung Karno selama empat tahun diasingkan oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Di kota ini, selama masa pengasingan saat itu Bung Karno merenungkan Pancasila yang menjadi dasar kehidupan bernegara Indonesia.

Tongkat milik Bung Karno terdapat di Rumah Pengasingan, Ende, NTT. (sumber foto: satyawinnie.com)
Kini di Ende berdiri Taman Perenungan Bung Karno di Kelurahan Rukun Lima. Patung Bung Karno duduk merenung terlihat kokoh di bawah pohon sukun bercabang lima sambil menatap ke arah laut.

Pohon sukun yang kini menjadi peneduh patung Bung Karno adalah pohon sukun yang ditanam tahun 1981. Sayangnya, pohon sukun asli saat Bung Karno diasingkan tumbang sekitar tahun 1960.

Tampak belakang dari rumah pengasingan Bung Karno di Ende. (sumber foto: tourism.nttprov.go.id)
Setelah mengunjungi patung Bung Karno di bawah pohon sukun, wisatawan bisa melangkahkan kaki menuju Situs Rumah Pengasingan Bung Karno di Jalan Perwira.

Rumah Pengasingan Bung Karno ini merupakan 1 dari 10 situs penting yang terkait dengan kehidupan Bung Karno di Ende.

Kamar tidur mertua Bung Karno, Ibu Amsi dan anak angkat Ratna Djuami di Rumah Pengasingan Bung Karno, Jalan Perwira, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. (sumber foto: travel.kompas.com)
Rumah pengasingan Bung Karno masih terawat baik. Di sinilah Bung Karno dan istrinya Inggit, Ratna Djuami (anak angkat), serta mertuanya Ibu Amsi menghabiskan waktu selama masa pengasingan.

Editor : Sabrina Alisa

Latest