Follow Us

Museum Sepuluh November Surabaya: Heroiknya Pejuang Indonesia

Sabrina Alisa - Jumat, 10 November 2017 | 03:00
Museum Sepuluh November Surabaya Heroiknya Pejuang Indonesia
Sabrina Alisa

Museum Sepuluh November Surabaya Heroiknya Pejuang Indonesia

iDEAonline – Indonesia merupakan salah satu negeri yang memiliki panorama indah. Tidak heran bila banyak yang beranggapan Indonesia adalah tanah surga. Namun, untuk menjadi Indonesia yang sekarang, negeri ini harus bersatu melawan penjajah.

Salah satu cara mengapresiasinya adalah membangun museum untuk mengenangnya dan Museum Sepuluh November Surabaya merupakan satu dari banyak museum yang ada di Indonesia.

Dilihat dari namanya, Anda bisa menebak di mana lokasi museum ini. Masih berada dalam komplek Tugu Pahlawan, Surabaya, museum ini didirikan.

Museum Sepuluh November Surabaya terdiri dari 2 lantai. Pameran 10 patung yang melambangkan bentuk semangat perjuangan rakyat Surabaya dan orasi Bung Tomo, serta sebuah ruang Auditorium berada di lantai 1.

Sedangkan lantai 2 merupakan ruang pameran senjata, reproduksi foto-foto dokumenter dan pameran koleksi peninggalan Bung Tomo. Selain itu ada dua ruang diorama yang menyajikan delapan peristiwa yang terjadi sekitar 10 November 1945 lengkap dengan narasi.

Penempatan yang apik ditambah interior yang cantik membuat pengunjung betah berada di museum. Tidak hanya interiornya yang cantik. Namun, bagian eksteriornya pun menarik perhatian.

Bangunan museum hadir dengan atap berundak. Bagian depannya, terdapat patung yang menggambarkan tiga pemuda dengan senjata bambu runcing berjuang melawan penjajah.

Yang mencengangkan, museum ini berada di bagian bawah tanah lahan Tugu Pahlawan sedalam 7 meter! Wow! Yap, museum ini seperti menyembul dari tanah.

Tidak hanya museum yang menarik perhatian. Komplek Tugu Pahlawan memang menjadi ajang untuk berwisata dan berselfie ria. Yuk, berkunjung ke Museum Sepuluh November Surabaya!

Sumber: dari berbagai sumber

Sumber foto utama: telusurindonesia.com

Editor : Sabrina Alisa

Latest