Follow Us

Terbesar di Asia Tenggara, Ini Cantiknya Air Mancur Purwakarta!

Fransisca Wungu - Senin, 20 Februari 2017 | 03:44
Terbesar di Asia Tenggara Ini Cantiknya Air Mancur Purwakarta
Fransisca Wungu

Terbesar di Asia Tenggara Ini Cantiknya Air Mancur Purwakarta

iDEAonline.co.id - Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Jawa Barat, merupakan air mancur terbesar di Asia Tenggara dan menjadi ikon pariwisata Purwakarta yang dikenal sebagai kota yang memiliki 1.000 taman. Seperti dikutip dari Kompas.com, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya baru saja meresmikan Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (18/2/2017).

Air Mancur Taman Sri Baduga yang berada di kawasan Situ Buleud ini menjadi destinasi favorit masyarakat. Setiap malam Minggu, di kawasan air mancur ini digelar pertunjukan kesenian berupa drama tari dan musik antara lain kelompok Charly Van Houten, Emka 9, dan Purwakancana Percussion, serta tarian kolosal.

"Taman ini akan dioperasikan tiap malam Minggu pada jam-jam pertunjukan pukul 19.30, 21.00 dan 22.00 WIB. Fasilitas ini dapat diknikmati oleh masyarakat secara gratis. Ini tentu akan meningkatkan kualitas hidup serta kebahagian masyarakat," kata Menpar Arief Yahya.

Arief Yahya mengatakan bahwa tujuan pariwisata adalah meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Kehadiran Air Mancur Taman Sri Baduga ini, lanjutnya, adalah upaya Pemkab Purwakarta untuk mewujudkan tujuan tersebut. Sisi lain air mancur ini, menurut Arief Yahya, sebagai atraksi untuk menarik kunjungan wisatawan.

Air Mancur Taman Sri Baduga merupakan pengembangan dari Situ Buleud yang dibangun sejak 2013 dan mulai diresmikan tahap pertama pada Januari 2014. Keberadaan Taman Sri Baduga ini melengkapi Purwakarta sebagai destinasi 1.000 taman seperti Taman Pesanggrahan Padjajaran sampai Taman Wakuncar.

Air Mancur Taman Sri Baduga diperindah dengan patung Prabu Kian Santang, anak Prabu Siliwangi atau Sri Baduga. Patung itu dibuat dengan posisi duduk dan kaki bersila bersama bunga lotus besar.

Di sekeliling patung ada dua ribu semprotan air mancur yang menari mengikuti irama musik serta ornamen pewayangan. Untuk menarik para pengunjung taman tersebut dilengkapi dengan fasilitas air siap minum serta booth untuk para penggemar foto selfie.

Penasaran dengan cantiknya pertunjukan Air Mancur Purwakarta? Ini dia!

Sumber: Kompas.com, Tribun Jabar

Foto: Dok. Humas Pemkab Purwakarta

Editor : Fransisca Wungu

Latest