Follow Us

Besi Cor Wajib Dipasang pada Konstruksi Lantai Carport

- Sabtu, 11 Maret 2017 | 04:00
Besi Cor Wajib Dipasang pada Konstruksi Lantai Carport
idea

Besi Cor Wajib Dipasang pada Konstruksi Lantai Carport

iDEAonline.co.id -- Konstruksi lantai carport wajib menggunakan tulangan besi beton. Besi-besi dianyam membentuk rangkaian besi seperti lazimnya membuat fondasi cakar ayam dan lantai dak beton. Rangkai besi berjarak 5-10cm. Masing-masing besi diikat kawat agar tercipta rangkaian yang kuat. Pengikatan juga berguna untuk membuat jejaring besi saling tarik menarik dan erat. Selain menempatkan rangkaian besi beton pada dasar lantai, Akan lebih baik juga jika tulangan besi rangka lantai carport disambungkan ke balok dan fondasi rolag, pada bagian pinggir lantai. Fondasi tersebut untuk menahan desakan beban agar lantai tidak melesak ke samping.

Setelah itu, rangkaian besi ini disiram dengan adonan semen untuk cor beton. Ketebalannya bisa 4-8cm atau disesuaikan dengan berat kendaraan. Semakin berat kendaraan, sebaiknya semakin rapat jarak antarrangkaian besi dan semakin tebal pula adonan cor betonnya. Komposisi cor beton disesuaikan dengan luas bidang dan tebal lantai. Biasanya ½:2:3, dengan perincian, ½ sak semen, 2 sak pasir, dan 3 sak kerikil. Diamkan cor beton selama 28hari, atau hingga beton benar-benar matang dan kering, sebelum digunakan sebagai lantai carport.

Finishing membuat indah

Setelah dasar lantai carport selesai dibuat, finishing dapat ditambahkan agar membuat lantai carport tampil indah. Sangat disarankan Anda memasang bahan lantai yang sesuai. Kalau Anda ingin menggunakan cor semen yang diekspos, Anda wajib melapisinya dengan floorhardener -semacam bahan penguat permukaan lantai beton. Bahan penguat tersebut mampu membuat permukaan lantai keras, mengikat sehingga tidak mudah retak.

Kalau ingin lantai lebih semarak, Anda dapat juga menggunakan floorhardener dengan aneka pilihan warna. Pengerjaannya dilakukan saat cor semen setengah basah (atau sekitar 80%-90%). Tabur bubuk hingga merata dengan sendok semen biasa. Untuk memadatkan bubuk, gunakan mesin poles (trowel) . Mesin inilah yang membuat bubuk mengendap padat dan mengeras secara merata.

Selain floorhardener, Anda dapat menggunakan keramik lantai khusus, bukan jenis biasa. Keramik tersebut mengandung bahan yang mampu menahan beban kendaraan, termasuk tekanan roda. Pemasangan keramik tidak jauh berbeda ketika Anda memasang keramik biasa. Ada perekatnya, plester semen biasa atau khusus, dan pengisi nat (grout). Jika Anda ingin membentuk tampilan yang unik, Anda dapat memasang keramik dengan pola diagonal atau zigzag.

Nah begitulah kira-kira cara pembuatan lantai carport yang kuat dan indah. Kalau saat ini Anda punya rencana merenovasi lantai carpot, langkah-langkah tadi mudah-mudahan berguna.

Foto: besi

Editor : Rasantika M. Seta

Latest