Follow Us

Taman Vertikal Bikin Balkon Lebih Sejuk dan Segar

Maulina Kadiranti - Selasa, 07 Maret 2017 | 04:43
Taman Vertikal Bikin Balkon Lebih Sejuk dan Segar
Maulina Kadiranti

Taman Vertikal Bikin Balkon Lebih Sejuk dan Segar

iDEAonline.co.id- Pada hunian, taman vertikalalias vertical garden dapat diletakkan di mana saja, selama syarat tumbuhnya terpenuhi. Di rumah ini, letak vertical garden agak tidak biasa.

Di lantai 3 terdapat sebuah ruang untuk bersantai yang dilengkapi set reclining sofa dan perangkat audio video. Di sekelilingnya dipasang dinding kaca yang membatasi ruang ini dengan balkon. Nah, pada dinding balkon inilah taman vertikal diaplikasikan.

Saat tirai digulung naik, dari dalam ruang tampaklah hijaunya tanaman. Kehadiran taman vertikal ini membuat sejenak kita lupa bahwa ruang ini terletak di lantai atas. Suasana yang tercipta bagaikan di sebuah ruang yang dikelilingi taman.

Sebagai pelengkap, di lantai balkon ditaburi batu koral. Di beberapa titik bahkan terdapat bongkah batu besar. Stepping stone berjajar agar kaki nyaman melangkah di sini. Ini membuat balkon berubah menjadi taman mini di atas atap.

Tanaman yang dipilih untuk mengisi taman vertikal ini beragam jenis dan warnanya. Jasa penanamnya, PT Indonesia Green Wall, menghadirkan pola diagonal yang teratur pada penyusunan tanamannya. Beragam jenis tanaman digunakan di sini, antara lain philodendron, soka mini, sambang darah, serta bromelia.

Sistem taman vertikal yang digunakan di sini adalah kantung geotextile. Penyiramannya menggunakan pipa yang diatur secara otomatis. Praktis dan tidak membuat balkon menjadi kotor.

Foto: Adeline Krisanti

Properti: Suhui Goh, Pondok Indah, Jakarta Selatan

Desain: Indonesia Green Wall

Editor : Maulina Kadiranti

Latest

Popular

Tag Popular