Follow Us

Lima Langkah Mudah Memperbaiki Kolam Ikan Bocor

- Minggu, 25 Juni 2017 | 08:00
Lima Langkah Mudah Memperbaiki Kolam Ikan Bocor
idea

Lima Langkah Mudah Memperbaiki Kolam Ikan Bocor

iDEAonline - Kolam ikan membuat taman rumah jadi lebih indah. Namun keindahan itu akan sirna, jika kolam ikan bocor. Bocor membuat air merembes. Lama-lama airnya habis dan menyisahkan lumpur halus.

Problem kolam ikan bocor bisa diatasi dengan cara menambalnya. Tambal yang bocor, airnya pun tak menyusut. Tentu cara menambalnya ada triknya. Anda tidak bisa sembarang. Misalnya, ikan yang ada di kolam harus dipindah dulu.

Kemudian, kolam ikan bocor bisa ditambal. Jika cara memperbaiki kolam ikan bocor ini keliru, ikan kesayangan Anda bakal stres. Lama-lama, bisa tewas.

Simak 5 langkah mudah berikut!

1. Pindahkan ikan-ikan ke tempat yang aman, keringkan kolam.

2. Perhatikan dan beri tanda setiap lapisan dinding semen yang berlubang, retak, dan yang Anda curigai sebagai titik kebocoran kolam. Jangan sampai terlewat satu titik pun karena Anda harus mengulang dari awal bila ada yang terlewat.

3. Perhatikan kebocoran yang ditemukan apakah semen di sekitarnya juga terdapat retakan lembut atau keropos. Bersihkan bagian tersebut sampai tidak ada lagi semen yang keropos, kemudian ditambal dengan semen. Lakukan langkah ini pada setiap kebocoran yang Anda temukan.

4. Biarkan kolam hingga semen tambalan benar-benar kering. Isi kembali kolam dengan air di atas tanda yang kita buat. Tunggu beberapa jam apakah air di kolam kita berkurang.

5. Bila tidak berkurang, isi penuh kolam dan tunggu hingga 2-3 jam. Kemudian kosongkan kolam, sambil dibersihkan, barulah diisi air kembali dan ikan dapat dilepas ke kolam baru tersebut.

Gimana iDEA lovers? Mudahkan? Bila ada pertanyaan isi di kolom komentar yah.

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest