Follow Us

Uniknya Pintu Utama dari Balok Rel Kereta

- Minggu, 02 April 2017 | 06:15
Tidak gampang menyusun ulang balok kayu rel kereta.
idea

Tidak gampang menyusun ulang balok kayu rel kereta.

iDEAonline.co.id – Bagi sebagian orang, balok rel kereta jarang dilirik. Selain berat dan keras, balok kayu itu dianggap sulit untuk dijadikan elemen rumah.

Namun tidak bagi Yu Sing dan Teky Widjaya. Mereka justru menggunakan balok rel kereta itu sebagai daun pintu utama rumah. Tidak gampang memang menyusun ulang balok kayu rel kereta itu.

Bobot kayunya lumayan berat, sekitar 10 kg per balok. Belum lagi panjangnya hanya 120-140 cm, dengan penampang sekitar 25 cm x 15 cm.

Berkat kegigihan dan kepiawaian mereka, balok rel kereta itu akhirnya ditaklukan jadi sebuah desain keren dengan struktur yang “ringan”.

Balok kayu itu disusun satu per satu. Antarbalok diikat dengan dynabolt. Bagian dalam diberi palang agar balok tidak lepas. Kuat dan saling mengikat.

Untuk memudahkan kerja daun pintu, Teky memasang 3 engsel khusus dari baja, bukan engsel biasa. Dengan cara itu, daun pintu cukup ringan dibuka dan tutup hanya dengan satu tangan.

Pemilik rumah, Jonathan Kusuma Hadi, beruntung bekerja sama dengan Yu Sing dan Teky. Maklum saja, Jonathan sudah sejak lama mengumpulkan barang bekas dan ingin rumahnya tampil unik. Di tangan Yu Sing dan Teky, impian Jonathan terpenuhi: rumah dengan material bekas.

Pintu utama barbahan balok rel kereta selalu menyambut Jonathan saat pergi dan pulang ke rumah. Balok yang pernah diasingkan banyak orang itu tampil keren dan percaya diri di bagian depan rumah.

Properti: Jonathan Kusuma Hadi

Desain: Yu Sing

Kontraktor: Teky Widjaya

Editor : iDEA

Latest