Follow Us

Ternyata, Jalan Tersempit di Dunia Ada di Jerman!

- Kamis, 13 April 2017 | 10:00
Jalan ini statusnya resmi jalan milik negara.
idea

Jalan ini statusnya resmi jalan milik negara.

iDEAonline – Kota Reutlingen di Jerman memiliki obyek wisata unik, yaitu jalan tersempit di dunia.

Bagaimana tak sempit? Orang dewasa dan anak-anak harus memiringkan badan saat melewati jalan ini, lantaran lebarnya sekitar 30 centimeter.

Dilansir oleh Daily Mail, jalan bernama Spreuerhofstrasse itu sekilas mirip gang sempit di seputaran Jakarta.

Dua sisi tembok perumahan hanya menyisakan sedikit ruang untuk berjalan. Di ujung jalan, ada tulisan dalam bahasa Jerman dan Inggris yang menyatakan inilah jalan tersempit sedunia.

Uniknya, jalur sempit sepanjang 4 meter ini benar-benar berfungsi sebagai penghubung antar distrik. Statusnya pun resmi jalan milik negara.

Kabarnya, Spreuerhofstrasse sudah ada sejak puluhan tahun lampau, tetapi baru diakui lembaga rekor dunia Guinness World Records pada 2007 lalu.

Sayangnya, jalan unik ini terancam keberadaannya lantaran rembesan pipa air membuat tembok rumah di sepanjang jalan itu semakin menyempit dan rapuh.

Pemerintah kota sedang berupaya menghentikan penyempitan kedua sisi tembok di jalan itu agar obyek wisata unik ini tidak tamat riwayatnya.

"Sebuah jalan mustahil disebut jalan apabila siapa pun tidak bisa melewatinya," kata Tanja Ulmer, Kepala Kantor Pariwisata Kota Reutilingen.

Editor : Fransisca Wungu

Latest