Follow Us

Tips Aman Menggunakan Mesin Pemotong Rumput

- Sabtu, 15 April 2017 | 03:00
Selalu bersihkan mesin pemotong rumput Anda dari potongan rumput.
idea

Selalu bersihkan mesin pemotong rumput Anda dari potongan rumput.

iDEAonline – Memotong rumput dengan mesin pemotong rumput memang praktis. Cukup menjalankan mesin, rumput pun terpotong dengan panjang potongan yang dapat ditentukan.

Namun, dalam menggunakan mesin pemotong rumput, keselamatan tetap menjadi yang utama. Pisau tajam dan aliran listrik yang ada dapat membawa risiko bahaya.

Jika Anda rutin melakukan pengecekan sebelum menggunakan mesin pemotong rumput, bahaya dapat dihindari.

Berikut langkah yang harus Anda lakukan, seperti dilansir oleh The Outdoor Power Equipment Institute (OPEI).

  • Baca buku manual mesin pemotong rumput dan ikuti panduannya. Jika buku panduan ini hilang, cari versi digitalnya di internet.
  • Periksa kelengkapan pada mesin pemotong rumput. Lihat apakah ada rantai yang kendur atau bagian mesin yang hilang. Segera ganti jika ada kelengkapan yang rusak.
  • Buang bahan bakar lama. Jangan biarkan bahan bakar ada di tangki mesin lebih dari 30 hari. Bahan bakar yang dibiarkan tersimpan di dalam mesin dapat menyebabkan masalah, bahkan dapat merusak mesin.
  • Beri label tanggal pada kaleng bahan bakar sehingga Anda tahu berapa β€œusia” bahan bakar tersebut. Jangan menggunakan bahan bakar lama. Jika Anda tidak tahu tanggal pembeliannya, lebih baik buang dan gunakan bahan bakar yang baru.
  • Selalu bersihkan mesin pemotong rumput Anda dari tanah, minyak, atau potongan rumput. Mesin yang terawat akan lebih efisien bekerja dan tahan lama.
  • Asah mata pisau pada mesin pemotong rumput Anda, sehingga dapat memotong rumput dan bukan merobeknya. Mata pisau yang tajam akan membuat mesin bekerja lebih efisien.
  • Segera ganti mata pisau yang patah karena terkena batu.
Dengan melakukan perawatan mesin pemotong rumput, keamanan Anda terjamin, rumput di halaman pun semakin indah!

Editor : iDEA

Latest