Follow Us

Masjid Shah Faisal, Masjid Berarsitektur Futuristik Di Pakistan

- Sabtu, 20 Mei 2017 | 15:02
Masjid Shah Faisal, Masjid Berarsitektur Futuristik Di Pakistan
idea

Masjid Shah Faisal, Masjid Berarsitektur Futuristik Di Pakistan

IDEAonline – Masjid Faisal merupakan masjid terbesar di Pakistan, terletak di Islamabad. Selesai dibangun tahun 1986, masjid ini dirancang oleh arsitek Turki Vedat Dalokay dengan mengambil bentuk tenda Suku Bedouin, suku pengembara di padang pasir Arab.

Lokasi masjid terletak di ujung utara Jalan Faisal, menjadikannya sebagai bangunan paling utara di kota dan berada di bawah Bukit Margala. Lokasi ini mewakili keagungan masjid dan bisa dilihat dari jauh pada siang dan malam hari.

Foto indonesian.cri.cn
Masjid Faisal ditetapkan sebagai Masjid Nasional Pakistan. Diberi nama Faisal karena pembangunan masjid ini didukung dan didanai oleh Raja Faisal bin Abdul-Aziz (alm) dari Arab Saudi.

Sampai tahun 1993, masjid ini memegang gelar sebagai masjid terbesar di dunia sejak tahun 1986. Setelah berdirinya Masjid Hassan II di Kasablanka Maroko, gelar itu berpindah. Sampai saat ini Masjid Faisal masih menjadi masjid terbesar di Asia Selatan.

Foto gomuslim
Seperti dilansir situs sacret-destination.com, di masjid ini tidak ditemukan satupun kubah. Ini karena desain awalnya terinspirasi dari tenda suku Badui Arab, yang coba dipadu dengan konteks zaman modern. Desain bangunan masjid ini dibuat oleh seorang arsitek asal Turki, Vedat Dalokay. Dia memenangkan sayembara yang diselenggarakan sebelum pembangunan masjid ini dimulai. Jika dilihat dari atas, masjid Faisal tampak seperti tenda dengan empat pintu. Di masing-masing sudutnya, berdiri menara dengan gaya khas Turki, tinggi dan ramping menyerupai pensil. Bagian bawah masjid ini dibangun kolam-kolam yang berisi air. Kolam-kolam ini berfungsi untuk mengatur suhu udara yang membuat ruangan selalu terasa sejuk meski di panas yang terik. Dengan desain yang unik, masjid Faisal menjadi masjid pertanda perkembangan seni arsitektur Islam modern. Masjid ini bahkan menjadi conttoh terbaik arsitektur Islam kontemporer.

Cantik kan iDEA lovers?

Editor : Maulina Kadiranti

Latest