Follow Us

Cara Merawat Tanaman Mungil dengan Benar

- Jumat, 12 Mei 2017 | 02:00
Cara Merawat Tanaman Mungil
idea

Cara Merawat Tanaman Mungil

iDEAonline - Anda penyuka tanaman mungil namun tidak mengerti cara merawatnya?

Tanaman mungil memiliki banyak jenisnya, seperti halnya kaktus dan sukulen.

Tanaman ini memiliki ketinggian kurang lebih 7 cm, bentuknya yang mungil membuat Anda mudah dalam mengemas dengan berbagai pot plastik mini yang dapat mempercantik ruangan Anda.

Namun kadang kala keindahaan dari tanaman mungil tidak di imbangi dengan perawatan yang tepat. Hal ini akan mempengaruhi tumbuh dan keindahaan dari tanaman mungil yang Anda miliki.

Berikut tips untuk Anda iDEAlovers dalam merawat tanaman mungil. Simak ya!

Menyiram Tanaman dengan Konsisten

Jika tanah terlalu kering atau terlalu basah, hal tersebut bisa menghancurkan akar dan menghambat pertumbuhan tanaman. Dalam beberapa kasus, terlalu jarang atau terlalu sering menyiram tanaman juga bisa membuat tanaman mati.

Pilihlah area di rumah yang terdapat cukup sinar matahari.

Tanaman memerlukan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Kualitas, durasi, dan intensitas cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Jangan terlalu sering memindahkan tanaman.

Tanaman agak lambat menyesuaikan diri dengan iklim lingkungan sekitarnya, jadi yang paling baik adalah jangan terlalu sering memindahkannya. Selain itu juga jangan menempatkan tanaman di tempat yang memiliki perubahan suhu drastis.

Belilah dan gunakan alat pelembap untuk ruangan kecil.

Udara yang kering bisa membuat tanaman tertentu tumbuh dengan baik, seperti kaktus, namun kebanyakan tanaman memerlukan kelembapan, khususnya tanaman tropis. Pilihlah alat pelembap ruangan dengan uap sejuk, dan pastikan pelembap ruangan tersebut berada cukup dekat untuk memberikan kelembapan di udara ke tanaman, namun tidak membuat daun atau bunga menjadi basah.

Isilah pot dengan pupuk NPK berkomposisi seimbang 10-10-10.

Kebanyakan tanaman dalam ruangan tumbuh subur dengan pemberian pupuk NPK berkomposisi seimbang 10-10-10. Tanaman dalam ruangan memerlukan nutrisi dari tanah pot dan pupuk agar bisa bertahan hidup

Editor : Maulina Kadiranti

Latest