Follow Us

Unik! Nigeria Bangun Rumah Tahan Gempa dari Limbah Botol Plastik

- Selasa, 04 Juli 2017 | 06:00
Ini dia rumah Tahan Gempa dari Limbah Botol Plastik.
idea

Ini dia rumah Tahan Gempa dari Limbah Botol Plastik.

iDEAonline – Seperti yang iDEA kutip dari tribunnews, sebuah artikel True Activist mengungkapkan, proyek pembangunan rumah-rumah memanfaatkan limbah botol plastik.

Enggak nyangka iDEA lovers, ternyata berkat material lumpur dan botol platik di rumah tersebut, buat rumah lebih aman dari bahaya gempa bumi dan kebakaran. Trus Activist didirikan oleh dua organisasi non-pemerintah, yaitu Asosiasi Pembangunan Energi Terbarukan (DARE) yang Berbasis di Kaduna, Nigeria dan Organisasi Masyarakat Afrika yang berbasis di London, inggris. Mereka memiliki tujuan bersama, yaitu untuk membangun rumah bagi para tunawisma di Nigeria.Tahap awal saat membangun rumah botol plastik adalah mengisi botol plastik dengan pasir. Selanjutnya, menyiapkan lumpur dan semen digunakan untuk menyatukan botol-botol tersebut sehingga menghasilkan dinding yang kokoh.

Seperti yang iDEA kutip dari tribunnews Dibutuhkan sekitar 14.000 botol untuk membangun satu rumah dengan dua kamar tidur.

Di Nigeria, terdapat tiga juta limbah botol plastik setiap hari sehingga mereka belum menemukan masalah dalam pasokan bahan bangunan utama yaitu botol plastik bekas. Pasir dalam botol juga membantu menjaga suhu ruangan agar tetap rendah. Sehingga sangat cocok untuk digunakan di negara-negara seperti Nigeria yang memiliki suhu panas.

Rumah tersebut juga akan didukung dengan panel surya dan gas metana dari daur ulang limbah manusia dan hewan sebagai tenaga listrik.

Foto Oleh TreeHugger

Foto Oleh Instructables

Foto Oleh therealisticindian4u
Itu dia iDEA lovers, Apa kamu juga tertarik mengaplikasikan botol bekas di dinding rumah? Isi di kolom komentar yah.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest