Follow Us

Tips Menghilangkan Bau Amis di Peranti Masak

Nurul Hardiyanti - Rabu, 23 Agustus 2017 | 09:00
Tips Menghilangkan Bau Amis di Peranti Masak
Nurul Hardiyanti

Tips Menghilangkan Bau Amis di Peranti Masak

Rumahguide - Ikan, daging, dan telur merupakan menu makanan yang banyak disukai banyak orang. Maka tak heran, menu makan ini menjadi menu wajib yang dihadir pada hidangan setiap harinya. Meski banyak yang menyukainya, masih banyak orang yang malas mengolahnya lantaran sering meninggalkan bau amis pada peralatan masak. Ketika dicuci pakai sabun, peralatan masak mungkin akan bersih akan kembali bersih dan kinclong.

Namun terkadang, bau amis masih saja menempel di peralatan masak dan sulit untuk dihilangkan. Pernah mengalami hal seperti ini? Jika iya, Anda tak perlu khawatir lagi. Sebab, kami akan memberikan solusi mengenai cara menghilangkan bau amis pada peralatan masak.

Simak pembahasannya berikut ini.

Rendam dengan Air Mendidih dan Larutan Garam

Untuk menghilangkan bau amis pada peralatan masak, Anda bisa menggunakan air mendidih dan larutan garam. Caranya, sediakan wadah seperti panci atau baskom berukuran sedang/besar. Kemudian, rebus air dan taruh pada wadah yang sudah Anda sediakan.

Setelah itu, masukkan 2 sendok makan garam ke dalamnya. Aduk hingga garam tercampur sempurna dengan air panas. Lalu, masukkanlah peralatan masak Anda yang berbau amis ke dalamnya. Biarkan selama 5-10 menit lamanya. Setelah itu, angkat, kemudian bersihkan dengan sabun cuci hingga bersih. Bau amis pun dijamin hilang seketika.

Pakai Perasan Lemon/Jeruk Nipis

Jika tak kunjung hilang, Anda bisa masukkan perasan jeruk lemon/jeruk nipis ke dalam air rebus. Caranya, sediakan 1 buah lemon atau 2 buah jeruk nipis. Kemudian peras buah tersebut berasamaan dengan air mendidih yang sudah disiapkan. Kemudian, rendam kembali perkakas masak Anda. Matikan kompor tunggu 5 menit, lalu bilas dan cuci perkakas masak dengan sabun hingga bersih.

Abu atau Arang Juga Bisa

Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, yang mana anda hanya tinggal menyiapkan bubuk arang atau abu secukupnya saja. Lalu taburkan bubur abu atau arang tersebut pada peralatan makan yang anda rasa bau. Selanjutnya, gosok secara merata peralatan makan tersebut. Setelah itu, bilas peralatan makan dengan menggunakan air bersih. Jika sudah, anda bisa langsung mencuci peralatan makan tersebut dengan menggunakan sabun seperti biasanya, lalu bilas seperti biasa lagi. Dengan cara ini peralatan makan anda akan semakin kinclong dan bau amis akan hilang.

Cara ini bisa Anda terapkan untuk menghilangkan bau amis pada peralatan masak di rumah. Selain itu, bahan-bahannya relatif murah dan mudah didapatkan.

Teks Zeldjian Poetera Athallah, Nia Irawan

Editor : Nurul Hardiyanti

Latest