Follow Us

Begini Solusi Rumah Mendapat Pencahayaan yang Cukup!

- Jumat, 08 September 2017 | 07:45
Solusi agar rumah mendapat pencahayaan yang cukup
idea

Solusi agar rumah mendapat pencahayaan yang cukup

iDEAonline – Sebuah rumah di Singapura, tepatnya berada di kawasan cagar budaya di Singapura, Blair Plain Conservation awalnya adalah sebuah rumah toko atau ruko bergaya Late Shophouse, yang dibangun di era 1900-1940.

Karena sempat direnovasi menjadi kantor, bangunan ini menjadi tidak layak huni. Banyak pula perubahan yang sudah terjadi pada fisik bangunan.

Ini agak menyulitkan ketika ruko 3 lantai ini ingin dikembalikan kepada tampilan antiknya dan tetap mematuhi rambu-rambu konservasi bangunan bersejarah.

Tak hanya itu, tidak adanya pencahayaan yang cukup, terutama di lantai satu merupakan masalah yang ditemui di rumah yang satu ini.

Karena itulah massa bangunan “dipotong” untuk menghadirkan sebuah courtyard. Taman ini akan meneruskan cahaya dan udara alami ke dalam ruang-ruang.

Sebagai penyejuk, di courtyard ini ditanam sebuah pohon berkayu dan salah satu dindingnya dibuat taman vertikal. Courtyard menjadi tempat bermain bagi anak sekaligus menjadi focal point.

Selain menghadirkan courtyard pada hunian, atap yang berada tepat di atas tangga dilengkapi skylight, yang akan meneruskan cahaya alami ke ruang-ruang di bawahnya. Sehingga, ruang pun akan berlimpah cahaya. Ide yang menarik, bukan?

Editor : iDEA

Latest