Follow Us

6 Fakta Mengenai Rumah Tahanan KPK, Tempat Setya Novanto Ditahan

- Selasa, 21 November 2017 | 03:00
Seperti Inilah Isi Rumah Tahanan Koruptor di KPK
idea

Seperti Inilah Isi Rumah Tahanan Koruptor di KPK

iDEAonline – Seperti yang iDEAonline kutip dari tribunnews, Komisi Pemberantasan Korupsi meresmikan Rumah Tahanan Negara klas 1 Cipinang, Jakarta Timur, cabang Rutan KPK, Jumat (6/10/2017).

Pertama. Hotel prodeo untuk orang-orang yang diduga korupsi tersebut berdiri di atas areal seluas 839,4 meter persegi. Lokasinya di dalam gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Tahanan mendapatkan berbagai fasilitas standar di dalam sel.

Foto oleh tribunnews
Kedua. Tiap sel disediakan kasur beserta sprei, sarung bantal dan selimut. Tidak hanya itu para tahanan akan mendapatkan satu set baju olahraga dan perlengkapan mandi.

Ketiga. Kamar tahanan memiliki fasilitas interkom, tapi hanya bisa dipakai untuk komunikasi tahanan dengan petugas. Peralatan ini untuk meminimalisasi terjadinya komunikasi secara langsung antara tahanan dan petugas.

Foto oleh tribunnews
Keempat. Ada satu ruangan yang dijadikan tempat bersama, terdapat fasilitas ruang untuk berangin-angin yang terletak tak jauh dari kamar tahanan. Tempat berangin-angin dikhususkan untuk tahanan yang ingin melepas kepenatan. Tempat ini juga dapat digunakan untuk olahraga.

Foto oleh tribunnews
Untuk memakai ruangan tersebut diatur pakai sistem tanggal genap - ganjil, wanita - pria. Pada tanggal genap, pria dapat menggunakan dari jam 06.00 sampai 08.00 dan langsung masuk ke kamar masing-masing, sedangkan wanita dari jam 17.00 sampai jam 18.00. Untuk tanggal ganjil kebalikan dari tanggal genap.

Kelima. Kamar tahanan pria dan wanita letaknya bersebelahan. Tahanan pria dan wanita memiliki jadwal yang berbeda-beda sehingga sangat kecil kemungkinan mereka bertemu satu sama lain. Blok wanita dan pria memiliki jeruji dan tembok sebagai batas.

Foto oleh tribunnews
Keenam. Yang sedih adalah bagian MCK. Ruang ini tidak memiliki pintu yang selayaknya. Untuk menghindari aroma tidak sedap dari areal MCK yang menjadi satu dengan kamar para tahanan, KPK menyediakan ‎kipas angin dan juga blower. Ketika mandi, bagian leher akan terlihat hingga kepala. Buat tahanan yang malu, mungkin harus sambil jongkok nih mandinya..

Itu dia iDEA lovers! Gimana menurut kalian?

Editor : Maulina Kadiranti

Latest