Follow Us

Bagaimana Chef dan Dokter Gizi Bicara tentang Hidup Sehat?

- Selasa, 12 Desember 2017 | 07:45
dok. philips
idea

dok. philips

iDEAonline – Chef Arimbi Nimpuno, seorang Chef yang terus mempromosikan pola makan sehat dan Dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, dokter spesialis gizi, berbagi pengetahuan, pengalaman dan memberikan inspirasi seputar hidup sehat di acara Talk Show dan Cooking Demo #ThePowerofHomemadeFood yang diselenggarakan oleh Philips pada Kamis (7/12/2017), di Shangri-La Hotel, Jakarta.

Menerapkan gaya hidup sehat di dalam keluarga dapat dimulai dengan konsumsi makanan buatan sendiri di rumah. Makanan rumah merupakan faktor terpenting dalam pola makan sehat. Namun, memasak masih dirasa sulit, memakan waktu lama, dan membosankan bagi sebagian orang. Padahal menurut studi yang dilakukan oleh Julia A. Wolfson, MPP yang menganalisa data survei dari National Health and Nutrition Examination menyebutkan bahwa, orang sering memasak di rumah mengkonsumsi lebih sedikit karbohidrat, gula dan lemak dari pada orang yang jarang memasak di rumah.

“Umumnya ibu dan keluarga Indonesia tahu dan paham soal gaya hidup sehat termasuk bagaimana pola makan sehat bagi keluarganya. Namun yang seringkali diabaikan adalah proses memasaknya. Sangat disayangkan apabila bahan bakunya sudah sehat, namun proses memasaknya justru menghasilkan makanan yang tidak sehat sehingga gizi makanan tidak maksimal. Misalnya proses menggoreng yang tentu saja menggunakan minyak yang banyak.

Penggunaan minyak ini akan meningkatkan total asupan kalori seseorang. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan resiko seseorang untuk menjadi obesitas. Obesitas, berhubungan dengan berbagai penyakit kronis, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Memasak sehat bisa juga dilakukan dengan cara masak yang sederhana, seperti mengurangi penggunaan minyak,” ujar Dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi RS Medistra.

“Banyak resep masakan Indonesia mengandung rempah yang baik untuk kesehatan, namun kebanyakan proses mengolahnya digoreng. Mengkombinasikan beragam bahan masakan dan mengubah teknik memasak, misalnya dari digoreng menjadi dipanggang atau dikukus, atau menggunakan Airfryer, merupakan solusi pola makan sehat. Dan ini yang saya terapkan dirumah untuk saya dan keluarga, ” ujar Chef Arimbi Nimpuno, chef dan ibu dari empat orang putri.

Penulis: J. Erly Widyartanti

Editor : iDEA

Latest