Follow Us

Ini 3 Alasan Utama Tanaman Markisa Bisa Dijadikan Penutup Atap Alami

- Senin, 15 Januari 2018 | 09:30
dok. mansyur hasan (Andy Rahman Architect)
idea

dok. mansyur hasan (Andy Rahman Architect)

Penulis Irfan H./Foto Mansyur Hasan (Dok. Andy Rahman Architect)

iDEAonline – Rumah yang satu ini terasa adem ketika menggunakan tanaman markisa untuk menutupi atap. Andy Rahman. A, ST. IAI., pemilik sekaligus arsitek rumah ini merancangnya sedemikian rupa sehingga memunculkan rasa alami sekaligus sejuk.

Tak sembarang untuk memilih tanaman markisa menjadi penutup alami. Berikut 3 alasan utama Andy Rahman mengaplikasikan tanaman markisa untuk penutup atap rumahnya.

1. Terinspirasi dari seorang teman. Ya, ketika Andy Rahman berkunjung ke rumah salah satu kerabatnya. Di sana ada tanaman markisa yang dibiarkan merambat ke atas atap, tetapi pertumbuhannya terkesan liar.

Sedangkan di rumah ini pertumbuhannya diarahkan rupa sehingga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu elemen penting dari tampilan bangunan.

2. Namun, tak hanya terinspirasi saja, ternyata markisa termasuk jenis tanaman rambat passiflora yang bisa tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Dikarenakan berlokasi di Jawa Timur, tanaman ini mampu beradaptasi dengan iklim dan cuacanya.

3. Tanaman markisa adalah jenis tanaman merambat sehingga secara alami akan menjalar kemana-mana. Tinggal memberi media rambat dan mengarahkan tanaman untuk menutupi atap. Sehingga, tak hanya bisa menutupi atap saja, tetapi ini juga bisa menutupi dinding rumah yang ingin tampil alami.

Tertarik menjadikan tanaman markisa sebagai penutup atap alami nggak nih iDEA Lovers?

Editor : iDEA

Latest