Follow Us

Bukan Rumah Tapak, Ini Dia Potret Rumah Vertikal DP 0 Rupiah Besutan Anies-Sandi

- Selasa, 23 Januari 2018 | 02:45
Menengok Rumah Vertikal DP 0 Rupiah Besutan Anies-Sandi
idea

Menengok Rumah Vertikal DP 0 Rupiah Besutan Anies-Sandi

iDEAonline – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) pembanguan rumah DP 0 rupiah di kawasan Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pada tahap awal, di kawasan tersebut akan dibangun 703 unit hunian yang terdiri dari 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21.

Dokumen Pemprov DKI
Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan, rumah dengan DP 0 rupiah akan dibangun vertikal seperti apartemen.

PD Pembangunan Sarana Jaya berperan sebagai penanggung jawab program dan PT Totalindo Eka Persada sebagai kontraktor pembangunan membuat instalasi unit hunian murah tipe 36.

Dokumen Pemprov DKI
Dari foto-foto instalasi rumah yang diterima Kompas.com dari tim internal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, unit hunian bertipe 36 terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan dapur yang menjadi satu dengan ruang keluarga.

Dalam foto rumah contoh unit hunian tersebut, dua kamar tidur memiliki ukuran yang berbeda. Salah satu kamar berukuran lebih besar sehingga memungkinkan untuk menempatkan tempat tidur berukuran king size.

Dokumen Pemprov DKI
Sementara kamar lainnya berukuran lebih kecil yang hanya memungkinkan untuk menempatkan tempat tidur berukuran single bed.

Kamar mandi terletak di samping kamar berukuran kecil. Kamar mandi berukuran tak terlalu luas, tetapi sudah dilengkapi keramik dinding dan kloset duduk yang membuatnya terlihat mewah.

Dokumen Pemprov DKI
Lagi-lagi dalam foto tersebut, setiap sisi ruang tamu hingga dapur dilengkapi perabot modern sehingga membuat tampilannya betul-betul menyerupai apartemen.

Harga unit hunian tipe 36 dipatok Rp 320 juta. Sementara tipe 21 yang hanya terdiri dari satu kamar tidur, kamar mandi, dapur dan ruang tamu dibandrol Rp 185 juta per unit.

Meski demikian, Pemprov DKI Jakarta belum menjelaskan mengenai rincian syarat dan prosedur cicilannya. Pemprov DKI menunggu badan layanan umum daerah (BLUD) terbentuk pada April mendatang untuk merumuskannya.

Artikel ini dipublikasikan pertama kali oleh kompas.com dengan judul Ini Penampakan Rumah Vertikal DP 0 Rupiah Besutan Anies-Sandi

Editor : Maulina Kadiranti

Latest