Follow Us

Kampung Berkelir & Kampung Mural Ada di Tangerang

- Minggu, 31 Desember 2017 | 11:15
Kampung Berkelir & Kampung Mural Ada di Tangerang
idea

Kampung Berkelir & Kampung Mural Ada di Tangerang

Penulis Johanna Erly W.

iDEAonline – Sekitar 300 rumah yang berada di RW 1, Kelurahan Babakan, Tangerang, berubah wajah menjadi enak dikunjungi.

Apa pasal? Ya, program pemberdayaan masyarakat dan peningkatan potensi daerah telah dilakukan di kampung ini oleh Pacific Paint melalui program CSR-nya.

Wartakota - Tribunnews.com
Program CSR bertajuk “Kampung Berkelir” melibatkan tokoh masyarakat setempat dan menggandeng lebih dari 100 seniman baik lokal maupun manca negara.

Menggunakan cat yang dipasok oleg Pacific Paint, semua rumah dindingnya dihias dengan mural dan graffiti tematik yang bercerita tentang sejarah dan kearifan lokal.

Tema yang diusung berbeda-beda dan menghasilkan ratusan mural dan graffiti yang indah. Hasilnya? Ya, kampung yang dulunya kumuh ini menjadi terlihat menarik dan mengundang orang untuk datang mengunjungi.

Wartakota - Tribunnews.com
Bahkan, kampung ini menjadi icon baru wisata kampung kreatif di Tangerang sekaligus menjadi kampung mural pertama di Indonesia.

Banyak sisi positif ditebar melalui program CSR ini, selain pemberdayaan kampung dan warganya, apa yang dilakukan oleh para seniman dengan membuat mural dan garfitti di sini, meneladankan sebuah kegiatan positif.

Warga kampung dan sekitarnya yang memiliki bakat menggambar dapat mencontoh untuk melakukannya secara positif dan tidak mencorat-coret sarana umum dengan tidak tertib.

Mereka bisa menyalurkan bakat menggambar dan menulis pesan-pesan positif di dinding dan pagar luar rumah dan itu akan mempercantik wajah kampung mereka.

“Banyaknya pengunjung yang datang ke kampung inipun, memberi peluang bisnis bagi warga kampung dan membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat ‘Kampung Berkelir’ ini,” ujar Ricky Soesanto, Head of Marketing Pacific Paint.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest