Follow Us

Habiskan Rp1 Miliar, Ini Dia Istana Negara di Wonogiri yang Jadi Tempat Wisata

- Rabu, 14 Februari 2018 | 09:00
dok. instagram.com/istana_parnaraya
idea

dok. instagram.com/istana_parnaraya

iDEAonline Istana negara yang pindah ke Wonogiri bukanlah istana negara asli, melainkan rumah tinggal yang memang sengaja dibentuk demikian.

Adalah Suparno, pemilik istana negara 'kw' ini. Ia merupakan seorang pengusaha asal Wonogiri dan istananya tersebut dinamakan Istana Parnaraya, seperti nama usahanya.

Berdiri di lahan 2500 M2 dan berlokasi di Desa Kebonagung, Sidoharjo, Wonogiri, bagian eksterior rumah juga terdiri dari 4 pilar dengan 1 tiang bendera dan dicat warna putih layaknya istana negara.

Tak hanya itu, desain interior rumah yang mirip dengan istana negara ini dilengkapi dengan furnitur mewah, lukisan, dan alat elektronik yang canggih.

Kompleks Istana Parnaraya terbagi menjadi 4 bagian, yakni bangunan utama, studio film dengan museum, musala dekat dengan kafe, dan garasi. Luas bangunan utama Istana Parnaraya ini 200 M² dengan tinggi lebih dari 12 M.

Suparno, sang pemilik menghabiskan dana Rp1 Milyar untuk membangun Istana Parnaraya. Ia memang sudah berencana untuk menjadikan rumahnya tersebut sekaligus menjadi tempat wisata edukasi.

Karena desain rumah yang unik, tak mengherankan apabila Istana Parnaraya ini menjadi objek ciamik untuk berswafoto, bahkan ini menjadi lokasi untuk prewedding.

Suparno memang mematok tarif bagi wisatawan yang berkunjung. Namun, seluruh pendapatan akan digunakan untuk perawatan bangunan, lansia, yatim piatu, dan desa.

iDEA Lovers tertarik untuk berkunjung?

Editor : iDEA

Latest