Follow Us

Harga Selangit, Rumah Mungil Ini Dibuat Dengan Sistem Portabel dan Dari Bahan Tak Terpakai!

- Rabu, 21 Februari 2018 | 05:00
dok. mymodernmet.com
idea

dok. mymodernmet.com

iDEAonline – Belakang ini rumah mungil atau rumah kecil memang sedang booming di beberapa negara. Hal ini lantaran, lahan yang sudah tidak cukup lagi untuk membangun sebuah rumah.

Menanggapi persoalan tersebut, Majalah Greemoxie membuat sebuah proyek tiny house, yang diharapkan dapat menjadi inspirasi.

Ya, sebuah majalah yang fokus mengeksplorasi green living ini telah membangun rumah mungil pertama mereka.

Selaras dengan konsep majalah tersebut, rumah kecil yang hanya berukuran 340 kaki persegi atau 31 M² ini dibangun dengan bahan daur ulang dan dengan sistem energi yang diperbaharukan.

Hunian ini yang tidak hanya mengusung konsep green living saja, tetapi juga portable – sesuai dengan gaya hidup masyarakat masa kini yang sangat mobilitas.

Eksterior rumah mungil ini dibalut dengan kayu cedar yang dibuat dengan teknik dari Jepang yaitu Shou Sugi Ban, sebuah teknik yang mengharuskan kayu dibuat menjadi gosong agar lebih awet.

Tambahan “dek” di luar rumah, memungkinkan untuk dijadikan sebagai teras. Dan bila ingin pindah ke lokasi lain, tinggal dikaitkan maka “dek” akan terangkat dan rumah pun bisa dipindahkan.

Untuk bagian interiornya, kayu oak mengelilingi ruang mulai dari lantai hingga langit-langitnya. Sepasang unit penyimpanan yang terletak di ruang tamu serta furnitur multifungsi sangat membantu memaksimalkan penyimpanan di dalam rumah.

Rumah mungil ini juga memiliki beberapa fitur seperti adanya empat speaker yang terintegrasi dengan sound system serta kamar mandi yang memiliki standup shower, wastafel, dan toilet kompos.

Semua fitur ini dapat menyala berkat panel surya yang diletakkan di atap. Sementara air untuk mandi didapatkan dari air hujan yang dikumpulkan di penampung air kapasitas 200 liter.

Sebelum digunakan, air hujan yang dikumpulkan ini “dibersihkan” menggunakan sekumpulan alat seperti water recovery system, home drinking purifier, dan grey-water holding tank.

Greenmoxie sendiri sudah membangun dua rumah mungil untuk kliennya. Bagi iDEA Lovers yang menginginkan rumah mungil yang portable ini harus menyiapkan bujet besar senilai Rp900 Juta. Tertarik?

Editor : iDEA

Latest