Follow Us

Inspirasi Desain Taman di Atap Rumah Bergaya Rustic Ini Keren Banget!

- Rabu, 21 Februari 2018 | 09:00
dok. Yannis Rudolf P.
idea

dok. Yannis Rudolf P.

Penulis Rahma Y./Foto Yannis Rudolf P.

iDEAonline – Taman di atap rumah atau dikenal juga dengan nama roof garden adalah hal yang jamak ditemukan di negara-negara yang punya penduduk padat, seperti Jepang.

Karena lahan yang tersedia terbatas, sementara penghijauan harus terus berjalan, mau tak mau taman dibuat di atas bangunan.

Di Indonesia, taman di atap rumah mulai marak digunakan. Umumnya taman ini dibuat pada rumah modern, yang punya atap datar atau atapnya sebagian dibuat dari dak beton.

Contohnya taman atap yang satu ini.

Taman atap ini berada di lantai teratas sebuah rumah di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Pemilik rumah membuat taman atap ini sebagai tempat untuk duduk-duduk, tempat bercengkarama dengan teman-teman dan kerabat yang bertandang, menikmati sore Jakarta sambil ber-barbeque ria.

Karena dibuat untuk tempat duduk-duduk, mereka tidak melapisi seluruh taman atapnya dengan rumput. Rumput tetap dihadirkan untuk kehijauan, namun hanya ada di bagian tengah taman.

Sebagai tambahan, mereka memilih untuk menghiasi sekeliling taman dengan tanaman yang diletakkan di dalam pot.

Untuk tempat duduk, pemilik rumah mempermak peti bekas. Peti ini ditambahkan kayu-kayu di atasnya sehingga dapat diduduki.

Tekstur kayu yang alami pada peti makin menguatkan kesan rustic di taman atap ini. Atap pergola dibuat dari paduan kayu dan fiber untuk mengurangi terik matahari.

Taman ini tergolong sederhana dan dibuat dengan biaya murah. Namun hasilnya tetap memesona.

Editor : iDEA

Latest