Follow Us

Ingin Membangun Tingkat Pada Rumah Lama? Cek Dulu Kekuatan Fondasi dengan 3 Tips Ini!

- Rabu, 21 Februari 2018 | 11:00
dok. trendir.com
idea

dok. trendir.com

iDEAonline – Tak bisa sembarangan dalam merenovasi rumah, terlebih jika iDEA Lovers ingin meningkat rumah. Ketika ingin membangun tingkat pada rumah yang lama, cek fondasi rumah terlebih dahulu.

Bukan tanpa alasan, fondasi adalah hal yang paling penting dalam sebuah rumah. Ya, jika salah perhitungan, bukan tak mungkin struktur rumah menjadi goyah dan mengancam keselamatan penghuni rumah.

Hanny Prihandoko, arsitek sekaligus kontraktor dari biro Hanny Rancangbangun Abadi, mengungkapkan mengecek kolom dan fondasi rumah menjadi hal pertama yang wajib Anda lakukan ketika ingin meningkat rumah.

Idealnya, Anda membutuhkan tenaga ahli untuk mengecek kekuatan struktur rumah Anda. Namun, bila dana Anda terbatas, Anda bisa mengeceknya sendiri.

Bagaimana cara mengecek kekuatan fondasi rumah? Berikut ini 3 tipsnya!

1. Ukur fondasi, minimum pada 2 titik fondasi. Lakukan penggalian di kedua titik yang telah ditentukan hingga terlihat struktur fondasi rumah Anda. Untuk mempermudah penggalian, lakukan penggalian selebar 50cm di bagian luar bangunan rumah yang tak dipasang keramik.

2. Setelah tergali, ukur kedalaman fondasi rumah Anda. Jika kedalaman fondasi Anda ternyata 90cm atau lebih, maka fondasi Anda cukup kuat untuk ditingkat. Jika kedalamannya kurang dari itu, maka harus ada perkuatan struktur fondasi.

3. Cek juga mutu adukan semen fondasi dengan menggunakan alat bernama pahat beton, yang banyak dijual di toko bahan bangunan. Pahat ini terbuat dari besi dengan ujung pahatan runcing. Jika fondasi gampang pecah, maka Anda harus menyuntikkan struktur baru.

Namun, tidak ada salahnya tetap bertanya pada ahli jika masih ragu. Selamat meningkat rumah ya, iDEA Lovers!

Editor : iDEA

Latest