Follow Us

Cantiknya Taman ala Korea di Halaman Rumah. Yuk, Intip Inspirasinya!

Pipit - Sabtu, 24 Februari 2018 | 02:00
Foto: Home Garden/Rohedi, Desainer taman: Han Min Kyong
Agustina Sapitri

Foto: Home Garden/Rohedi, Desainer taman: Han Min Kyong

iDEAonline - Taman depan rumah milik Han Mi Kyong, Lippo Cikarang, Jakarta Timur, elok dipandang karena berbeda dengan tetangga. Batu tak beraturan yang dipotong acak, diletakkan tersebar di permukaan taman menjadi lanskap mungil yang unik. Lebih menarik, saat pemilik mendesain dan merawat sendiri taman ini.

Sekilas, kesan rapi dan lapang sebuah taman mengingatkan pada taman-taman di Korea. Taman di Korea hampir senada dengan taman di Jepang dan China. Menurut Sunniva Harte, dalam buku Designer Plants, taman di Jepang dicirikan dengan penataan yang teratur, mengindahkan lambang-lambang yang filosofis, setiap tanaman dipilih dengan detail dan juga setiap bentuk diperhatikan interaksinya. Taman ala Korea pun demikian.

Ragam tanaman

Tanaman ala Korea berukuran kecil mendominasi taman. Untuk pohon, dipangkas dengan rapi membentuk topiari. Pucuk merah (Syzygium oleina) dan beringin (Ficus benjamina). Selain itu, tanaman berbunga cerah. Soka (Ixora) dan bunga cosmos kuning (Cosmos caudatus) yang mewarnai taman ini.

Semua tanaman tersebut merupakan tanaman yang cocok untuk daerah panas, suka sinar matahari langsung dan mudah dirawat. Tidak sering dipangkas, kecuali untuk topiari. Untuk mempertahankan bentuk, minimal dua minggu sekali dipangkas.

Cek yuk sudut lainnya!

Foto: Home Garden/Rohedi

Desainer taman: Han Min Kyong

Sumber: Majalah Home Garden, Edisi 06, Juni 2013

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest