Follow Us

Ganti Keramik Kamar Mandi Tanpa Perlu Membongkar dengan Tips Ini!

Pipit - Kamis, 01 Maret 2018 | 10:00
Foto: pixabay.com
Agustina Sapitri

Foto: pixabay.com

Penulis Maulina Kadiranti

iDEAonline - Karena selalu terpapar oleh air, maka perawatan ekstra sangat dibutuhkan oleh kamar mandi. Tapi perawatan yang cukup pun kadang-kadang masih membuat keramik tetap kotor.

Hal ini bisa saja terjadi karena kualitas keramik yang tidak memenuhi standar (misalkan karena anti noda yang mudah terkelupas, atau karena kualitas bahan baku keramik yang jelek sehingga mudah berubah warna). Kalau sudah begini maka, satu-satunya solusi yaitu dengan mengganti keramik.

Foto: blenture.com
Mengganti, sebuah kata yang terasa kompleks bila mengingat pembongkaran dan kotornya kamar mandi akibat bongkaran.

Tapi Anda kini tak perlu pusing! Semen perekat keramik di atas keramik kini semakin banyak tersedia. Anda hanya perlu mengikuti beberapa pedoman yang harus diperhatikan, agar hasil pekerjaan memuaskan.

Hal-hal yang harus diperhatikan:

Foto: soungwiser
1. Bersihkan keramik lama hingga tak ada debu yang menempel. Debu bisa membuat berkurangnya kerekatan semen perekat keramik.

2. Perhatikan tahapan pemasangan keramik baru. Mulailah dari sisi terdalam, sehingga keramik tidak terinjak saat baru dipasang.

3. Gunakan alat bantu yang memperjelas posisi pemasangan. Alat bantu bisa menggunakan batang kayu yang lurus, atau bisa dengan benang yang diikat ke paku yang tertancap di dua sisi ujung lantai.

4. Jangan terburu-buru. Fokuslah pada kerataan dan ketepatan bentuk lantai. Pemasangan satu keramik untuk pemula bisa menghabiskan waktu sekitar satu menit hingga dua menit.

Mudah bukan iDEA Lovers?

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest