Follow Us

Bingung Menentukan Toilet 1 atau 2 Tangki? Baca Ini, Yuk!

Pipit - Rabu, 07 Maret 2018 | 05:00
Foto bathroomtakeaway.co.uk
Agustina Sapitri

Foto bathroomtakeaway.co.uk

PENULIS TIYA SEPTIAWATI

iDEAonline - Saat renovasi kamar mandi, elemen yang juga perlu diganti ialah kloset. Kloset baru yang bersih akan memberikan kesan bersih pada kamar mandi secara keseluruhan. Apalagi bila Anda mengganti kloset lama dengan model terbaru yang sedang tren. Pasti kamar mandi Anda tampak lebih modern.

Ilustrasi toilet
Ada dua jenis kloset yang mungkin bisa jadi pilihan di rumah, kloset 1 tangki (monoblock) di mana badan kloset dan tangki menyatu dan kloset 2 tangki? (dual block) di mana badan kloset dan tangki terpisah. Dari dua jenis toilet tersebut mana yang sebaiknya dipilih?

Keduanya dapat Anda gunakan. Dari sisi tampilan, kloset 1 tangki tampak lebih modern dan mewah, dari segi harga relatif lebih mahal. Namun menurut Fadli Siradjuddin, arsitek A+Plan Architect and Interior Work, kloset 2 tangki lebih kuat.

Ilustrasi foto toilet (dok. pixabay.com)
“Pada kloset tangki terpisah, kalau ada masalah di spare part, Anda bisa membeli tangkinya secara terpisah. Begitu pula kalau ada bagian yang pecah antara tangki atau dudukannya, kita tidak harus mengganti semua,” jelas Fadli.

Untuk bujet terbatas, Anda tidak perlu ragu memilih kloset 2 tangki. Saat ini, cukup banyak kloset dua tangki yang didesain menyerupai kloset 1 tangki, dengan kaki yang “gemuk” dan bentuk tangki yang lebih pendek. Desain modern seperti ini, akan membuat kamar mandi Anda tampil lebih modern. Dan yang penting, kloset baru dengan tampilan bersih dijamin akan membuat kamar mandi Anda tampak lebih fresh.

Foto bathroomtakeaway.co.uk
Pemasangan

Memasang kloset 2 tangki membutuhkan lebih banyak waktu karena ada dua benda yang dipasang, tangkinya dan tempat duduknya. Selain itu, perlu waktu juga untuk memasang kloset tersebut ke lantai.

Namun, bukan berarti memasang kloset 1 tangki tidak merepotkan. Toilet tersebut cukup berat dan sulit dipindahkan. Anda juga tidak mungkin memasangnya seorang diri. Sedangkan kloset 2 tangki masih memungkinkan untuk dipasang oleh 1 orang. Berikut kami sajikan beberapa pilihan merek dan model kloset. Harganya cukup bervariasi, tetapi umumnya warna putih sedikit lebih murah dari warna lainnya.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest