Follow Us

Paduan Indonesia-Eropa, Begini Desain Rumah Orang Tua Sandiaga Uno yang Sesuai Karakter Diri!

- Jumat, 09 Maret 2018 | 11:00
dok. sandiuno
idea

dok. sandiuno

Penulis Rahma Y./Foto Yannis Rudolf P.

iDEAonline – Siapa yang tak kenal sosok Mien Uno. Ibu dari Sandiaga Uno ini adalah seorang wanita yang aktif di berbagai organisasi pendidikan.

Ia pun menerapkan refleksi diri dan menunjukkan karakter keluarga pada kediamannya ini.

“Jangan seperti menjadi tamu di rumah tersebut. Kok kayaknya ada (pemilik) yang enggak cocok dengan rumahnya sendiri. Nah, rumah ini kami buat supaya kami merasa inilah rumah kami, ini hal yang membuat kami bahagia, betah dan ingin kembali ke rumah.”

Tak hanya rindang karena tanaman yang ada dan terbuka saja, desain rumah orang tua dari Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno ini pun memadukan gaya Indonesia-Eropa.

kental terlihat adalah adanya perpaduan dua budaya yakni Indonesia dan Eropa. Paduan ini terlihat juga pada hunian ini.

Sentuhan gaya asli Indonesia terlihat dari banyaknya furnitur-furnitur kayu etnik di seantero rumah. Sementara sentuhan gaya Eropa terlihat pada sofa besar dan beberapa bagian rumah seperti dapur dan ruang makan.

Memang, menurut Mien kedua budaya inilah yang membentuk karakter keluarganya. “Kami suka sekali dengan gaya Indonesia, namun memang ada sentuhan Eropa karena pengaruh pendidikan kami,” ujarnya.

Mien dan Henk memang dulu bersekolah di sekolah Belanda. Ia menambahkan, “Bukan untuk gaya- gayaan, namun kami memilih apa yang menurut kami nyaman.

Untuk sofa tempat duduk, furnitur (etnik) Indonesia kami akui kurang nyaman, itu sebabnya kami padukan dengan sofa gaya Eropa,” ucap ibu dari 2 putera dan nenek dari 5 orang cucu ini.

Ruang dapur dan ruang makan juga memiliki sentuhan Eropa. “Waktu kecil saya tinggal di keluarga Belanda selama 5 tahun, jadi dari kecil saya kepingin banget punya dapur dan ruang makan seperti itu, (seperti rumah Belanda, red.),” tukasnya sambil tertawa hangat mengenang cita-citanya.

Ya, tak perlu gaya-gayaan. Rumah yang nyaman dan sesuai kepribadian pemilik akan jauh lebih menyenangkan.

Editor : iDEA

Latest