Follow Us

Di Pulau Ini Perempuan di Larang Menginap! Wah Kenapa Ya?

Pipit - Rabu, 04 April 2018 | 01:00
Jika beruntung, Anda bisa menemukan sekawanan lumba-lumba.
Agustina Sapitri

Jika beruntung, Anda bisa menemukan sekawanan lumba-lumba.

Reporter Maulina Kadiranti

iDEAonline – iDEA lovers, ternyata masih banyak lho pulau tak berpenghuni di Indonesia. Salah satunya adalah Karang Jamuang. Para nelayan Ujung Pangkah, Gresik, lebih akrab memanggilnya Pulau Nyamukan. Pulau ini terletak di Laut Jawa, tepatnya di utara Kabupaten Bangkalan, Madura.

Foto oleh YouTube
Untuk bisa mencapai Karang Jamuang, Anda bisa menyeberang dari Surabaya menggunakan kapal sewaan. Atau, bisa ditempuh melalui Ujung Pangkah dengan menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan.

Foto oleh TripAdvisor
Jika beruntung, Anda bisa menemukan sekawanan lumba-lumba yang melintas dalam pejalanan tersebut.

Lepas senja di Karang Jamuang, biasanya akan ada nelayan lokal yang sekadar mampir atau menginap sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Ujung Pangkah. Perahu-perahu nelayan tersebut bersandar lengkap dengan hasil tangkapannya.

Namun, Karang Jamuang juga menyimpan satu rahasia. Konon ada satu hal yang perlu Anda ingat, utamanya perempuan, untuk tidak masuk atau berada di Karang Jamuang di atas pukul 5 sore.

Ilustrasi Foto oleh VideoBlocks
Menurut kepercayaan yang berkembang, akan selalu terjadi masalah tiap kali ada yang mencoba melanggar pantangan tersebut. Beberapa orang mengatakan pulau tersebut seakan tenggelam ketika seorang perempuan nekat bermalam di sana.

Barangkali, mitos-mitos itu sengaja diciptakan untuk mencegah hal-hal yang di luar batas di pulau tak berpenghuni ini.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest